Rabu , 17 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / Rata, Harga Mobnas Dibawah Rp 30 Juta

Rata, Harga Mobnas Dibawah Rp 30 Juta

PELABAI – Tim Konsultan Jasa Penilai Publik (KJPP) dari Jakarta mulai melakukan penghitungan nilai susut mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong guna penentuan harga lelang. Namun dari 92 unit yang diusulkan 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hanya 87 unit yang akan dihitung nilai susutnya. Itupun baru 26 unit yang selesai dihitung kemarin (11/4).

Sesuai penilaian KJPP, rata-rata mobnas yang telah dihitung hanya layak dijual dengan harga tak lebih Rp 30 juta. Itu karena kondisi fisik mobil pengadaan di bawah tahun 2010 itu banyak yang rusak dan mati pajak. Bahkan 4 unit diantaranya dalam kondisi mesin mati total. ‘’Untuk kepastiannya akan kami lakukan penghitungan secara spesifik, namun dari mobil yang sudah kami periksa tadi (kemarin, red) harga jualnya kemungkinan jauh di bawah pasaran mengingat kondisi fisik mobil yang umumnya rusak,’’ ujar koordinator tim KJPP Jakarta, Adi Munif, ST.

Dalam penghitungan, kondisi fisik mobil menjadi item penilaian kedua setelah kelengkapan surat-suratnya. Baru kemudian dinilai masalah pajaknya. Kondisi mobil yang pajaknya tidak dibayarkan alias mati pajak, tentunya akan lebih murah dibanding movil sejenis yang pajaknya hidup. ‘’Termasuk usia mobilnya, baik tahun perakitan dan tahun operasional kendaraan ikut menentukan harga jualnya,’’ tutur Adi.

Sementara Kepala Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si mengingatkan OPD yang belum menyerahkan mobnas yang hendak dilelang agar segera mengantarkan fisik mobil ke halaman Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong. Jika hingga hari ini tidak diserahkan, mobnas yang diusul dihapus dari daftar aset itu tidak jadi dilelang. ‘’Ssuai surat edaran yang telah kami layangkan, batas akhirnya besok (hari ini, red),’’ tukas Rizka.

Pantauan RB, mobnas yang telah dilakukan penghitungan nilai susut kendaraan itu didominasi jenis Toyota Avanza. Sebagian diantaranya Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther. Termasuk 3 unit bus mini dan Mitsubishi Ts120 SS jenis pick up. (sca)

Berita Lainnya

Jangan Tukar Aksesoris Mobnas

PELABAI – Kabid Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si mengingatkan ...

error: Content is protected !!