Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Lebong / 14 Mobil PDT Bakal Ditarik

14 Mobil PDT Bakal Ditarik

RUSAK: Mobnas bantuan Kemendes PDT yang masih dikandangkan di Dinas PUPRHub karena kondisinya rusak berat dan mati pajak. (foto: aris/rb)

PELABAI – Dari 61 unit mobil dinas (mobnas) bantuan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) di Kabupaten Lebong, hanya 47 unit yang berhasil ditertibkan. Itupun hanya 38 unit yang sudah ditebus kembali oleh pihak desa, yakni Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) karena sudah melunasi tunggakan pajak serta melakukan perbaikan kerusakan.

Sedangkan 9 unit lainnya masih dikandangkan di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) karena pihak desa tak kunjung melunasi pajak kendaraan. Dua diantaranya dalam kondisi rusak berat karena mesinnya mati total. ‘’Untuk empat belas mobnas PDT yang belum juga diserahkan, dalam waktu dekat akan kami tarik,’’ kata Kabid Perhubungan, Dinas PUPRHub Kabupaten Lebong, Ummi Haidar Rambe, ST, M.Si.

Dalam upaya penarikan, Ummi mengaku akan melibatkan tim penertiban aset terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. Mengingat upaya pendekatan sudah maksimal dilakukan. Bahkan surat peringatan juga sudah dilayangkan kepada 14 desa yang belum juga menyerahkan mobnas PDT. ‘’Dalam waktu dekat akan kami koordinasikan ke Pak Sekda guna memastikan waktu dan teknis penarikan,’’ terang Ummi.

Pentingnya melibatkan tim penertiban aset terpadu semata demi kelancaran upaya penarikan. Mengingat di struktur tim terpadu dilibatkan juga TNI, Polri dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong. Artinya ketika pemegang mobnas PDT tidak bisa bersikap kooperatif, Pemkab Lebong dapat menindak tegas pelakunya. ‘’Kembali kami ingatkan agar pemegang mobnas PDT bersikap kooperatif mengantarkan fisik dan dokumen kendaraannya ke Bidang Perhubungan,’’ ungkap Ummi.

Desa yang belum menyerahkan mobnas PDT itu diantaranya, Desa Kota Donok dan Desa Manai Belau di Kecamatan Lebong Selatan serta Desa Ujung Tanjung 3, Kecamatan Lebong Sakti. Juga Desa Ketenong 1, Desa Ketenong Jaya, Desa Air Putih, Desa Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai di Kecamatan Pinang Belapis. Termasuk 5 desa di wilayah eks Kecamatan Padang Bano, yakni Desa Kembung, Desa Sebayur, Desa Limes, Desa U’ei dan Desa Padang Bano. (sca)

Berita Lainnya

Anggota Linmas MD Usai Pemilu

LEBONG SELATAN – Jika Kepahiang belakangan ini dihebohkan dengan ketua ranting partai politik (parpol) yang ...

error: Content is protected !!