Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 278 Kawasan TPS Rawan Politik Uang

278 Kawasan TPS Rawan Politik Uang

PATROLI POLITIK UANG: Gakkumdu saat melakukan apel persiapan Patroli Politik uang, Juma (12/4). (foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Bawaslu mulai mengantisipasi pelanggaran yang paling berpotensi terjadi dalam Pemilu 17 April mendatang. Salah satu yang disorot adalah kemungkinan atau peluang teerjadinya politik uang untuk mempengaruhi pemilih.

Dari hampir 890 TPS di BU, terdapat 278 TPS yang kawasannya dinyatakan rawan terjadi pelanggaran politik uang. Hal ini kini menjadi pengawasan Gakkumdu, terutama setelah ditetapkannya jadwal Patroli Politik uang.

Divisi Pengawasan Bawaslu BU, Tri Suyanto menuturkan, salah satu indikator kerawanan politik uang adalah dimana kawasan TPS atau desa yang memiliki calon DPRD, baik  itu Provinsi, Kabupaten maupun DPR RI. Sehingga ada kemungkinan terjadi politik uang untuk menentukan kemenangan.

“Keberadaan Caleg di desa ini menjadi salah satu titik kerawanan politik uang yang kita pantau,” terangnya, Jumat (12/4).

Selain soal keberadaan calon, lokasi yang jauh dan medannya sulit dijangkau oleh kendaraan juga menjadi peluang terjadinya politik uang. Lemahnya pengawasan lantaran jauhnya letak desa, kerap dimanfaatkan oleh para pelaku.

Menariknya, kecamatan dengan daerah kawasan TPS rawan ada di Kecamatan Kota Arga Makmur dengan 118 kawasan TPS rawan politik uang.

“Jadi kita memetakan daerah dengan peluang pelanggaran masing-masing. Termasuk politik uang, tentunya dalam rangka pengawasan yang dilakukan,” katanya.

Bahkan, Jumat (12/4) Gakkumdu melakukan apel bersama dengan Polri dan jaksa untuk mencanangkan Patroli Politik Uang. Mulai masa tenang Gakkumdu akan membentuk tim melakukan patroli ke desa-desa mengantisipasi terjadinya politik uang. (qia)

Berita Lainnya

Server Jebol, SMPN 45 Gagal UNBK

ARGA MAKMUR – SMPN 45 Bengkulu Utara (BU) gagal melaksanakan UNBK hari pertama dengan mata ...

error: Content is protected !!