Kamis , 25 April 2019
Home / Pemilu / 4 Kecamatan Rawan Penyaluran Logistik

4 Kecamatan Rawan Penyaluran Logistik

LOGISTIK: Persiapan distribusi logistik pemilu di Sekretariat KPU Seluma, Jumat (12/4). (Foto: yayan/rb)

SELUMA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma mulai mendistribusikan logistik ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 14 kecamatan, mulai Kamis (11/4). Di hari pertama pendistribusian logistik telah dikirim untuk PPK di Kecamatan Semidang Alas dan Semidang Alas Maras (SAM).

‘’Setiap hari ada dua kecamatan yang kita distribusikan logistik. Kita dahulukan kecamatan terjauh dari Sekretariat KPU Seluma,’’ terang Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi, SE kepada RB kemarin.

Jalur pendistribusian dimulai dari Sekretariat KPU, logistik diturunkan di masing-masing Sekretariat PPK di kantor kecamatan. Setelah itu PPK akan mendistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa/kelurahan. Setelah itu PPS akan menyampaikan ke Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

‘’Prosedurnya seperti itu, jadi kita distribusikan hingga PPK. Selanjutnya i PPK yang akan mendistribusikan ke PPS hingga ke KPPS,’’ jelas Sarjan.

Dari 14 kecamatan, ada empat kecamatan yang rawan penyaluran logistik yaitu Kecamatan Lubuk Sandi, Seluma Utara, Uku Talo dan Kecamatan Semidang Alas.  Empat kecamatan ini banyak desa pedalaman. Sehingga butuh tenaga ekstra untuk pendistribusian logistik. ‘’Apalagi saat ini musim hujan, tentu memerlukan waktu cukup lama untuk pendistribusian logistik hingga tiba ke PPS,’’ ucap Sarjan.

Khusus untuk daerah rawan ini, dikhawatirkan berdampak pada kerusakan logistik tersebut. Seperti sampul yang mudah basah dan kotak suara yang rentan rusak jika terkena air. Sehingga beberapa daerah itu diperlukan perhatian khusus untuk pendistribusiannya hingga nantinya diterima oleh KPPS.

‘’Seperti di Desa Sinar Pagi, Kecamatan Seluma Utara, pendistribusian logistik harus menyeberangi sungai. Sehingga sangat rawan logistik tersebut rusak, sebelum diterima oleh KPPS,’’ sampainya.

Tambah Sarjan, untuk jadwal pendistribusian akan mendahulukan daerah terjauh. Sedangkan untuk kecamatan terdekat seperti Seluma, Seluma Barat dan Seluma Selatan akan didistribusikan pada tanggal 15 April.(aba)

Berita Lainnya

Pleno PPK Bisa Diperpanjang

ARGA MAKMUR – Jadwal tahap pertama pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu di tingkat PPK terakhir ...

error: Content is protected !!