Rabu , 17 Juli 2019
Home / Daerah / Kaur / Gub Tanam Sawit di Plasma PT CBS

Gub Tanam Sawit di Plasma PT CBS

TANAM: Gubernur Bengkulu saat menanam sawit di kebun plasma milik PT CBS kemarin sore. (foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN –  Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, MMA memantau langsung perkebunan kelapa sawit PT Cipta Mas Bumi Selara (CBS). Bahkan dalam kesempatan kunjungan kerjanya di Kabupaten Kaur ini, Rohidin ikut menanam sawit di lahan plasma milik perusahaan tersebut. Rohidin juga meninjau pabrik CPO yang berada di areal perkebunan PT CBS itu. Dia takjub karena perkebunan sawit di Nasal berbeda dengan perkebunan umumnya. Dimana membiar bukit-bukit tetap hijau dan bergelombang walau ditanami sawit. Ini harusnya menjadi contoh perusahaan lainnya di Bengkulu.

Penerapan perkebunan plasma oleh PT CBS diapresiasi gubernur. Apa lagi PT CBS selama ini menjadikan masyarakat sebagai sosial aset perusahaan yang sangat berharga. Sehingga ada keseimbangan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, pemilik plasma dan juga perusahaan. Untuk meningkatkan perekonomian Kaur ke depan.

“Bagaimana mekanisme antara perusahaan dan petani plasma  yang semuanya jelas. Apa yang dilakukan PT CBS kita harapkan bisa meningkatkan perekonomian petani plasma dan masyarakat sekitar. Disini harmonisasi antara masyarakat dan perusahaan sangat baik. Sehingga konflik antara masyarakat dan perusahaan kita harapkan tidak terjadi di Kaur,” kata Rohidin.

Tidak hanya itu saja, Rohidin juga mengajak koperasi plasma yang sudah menikmati hasil, serta perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan bank daerah. Dengan mitra yang kuat, maka kedepan perekonomian di Kaur dan Bengkulu akan lebih baik lagi. “Apa lagi Bank Bengkulu akan menjadi bank syariah yang saat ini sedang dalam proses,” terang Rohidin.

Terpisah Pimpinan Regional PT CBS Ivan Roy mengatakan, saat ini pabrik CPO PT CBS sudah bisa memproduksi 600 ton per hari. Baru 30 persen produksi itu bahan bakunya dari hasil kebun inti dan plasma PT CBS. Sisanya PT CBS mendapatkan pasokan TBS dari petani sekitar. PT CBS sejak berdiri berkomitmen membangun plasma untuk masyarakat dan saat ini sudah ada lima koperasi plasma di PT CBS.

“Untuk hasil panen kebun plasma di Nasal saat ini baru 4.460 ton. Tahun depan akan ditingkatkan menjadi 13.200 ton lebih. Semua dari hasil kebun plasma seluas lebih kurang 1.970 hektare, sudah menghasilkan. Sementara untuk kebun plasma yang belum menghasilkan kurang lebih sekitar 20 persen lagi,” kata Ivan Roy.(cik)

Berita Lainnya

Korupsi Dana Desa, Kades Papahan Ditahan Pihak Kejari Kaur

KOTA BINTUHAN – Setelah melakukan pemeriksaan, Selasa (16/7) siang pihak Kejari Kaur resmi menetapkan Kades ...

error: Content is protected !!