Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Metropolis / Jalan Tol Mulai Dibangun Juli

Jalan Tol Mulai Dibangun Juli

BENGKULU – PT Hutama Karya (HK) selaku pelaksana pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuklinggau menargetkan pelaksanaan fisik dimulai Juli tahun ini. Usai pembebasan lahan dengan luas sekitar 270,98 hektare area (ha). Jalan tol akan melewati 1 kota dan 1 kabupaten, 5 kecamatan dan 6 desa 1 kelurahan.warga yang dilewati jalan tol tuntas.

Manager Proyek Divisi Tol PT HK, Hasan Turcahyo mengatakan PT HK yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI sebagai pelaksana pembanguna jalan tol tidak terlibat dalam pembebasan lahan warga. Tugas HK, yaitu membuat perencanaan, lalu membangun yang nantinya akan melibatkan sub kontraktor profesional milik kementerian, dan mengoperasikan. Sedangkan pembebasan lahan dilakukan oleh pemerintah, dan yang membeli Kementerian PUPR.

“HK sama sekali tidak bersentuhan dengan pembebasan. Pembebasan selesai Dirjen Bina Marga menyerahkan ke Kepala Badan Pengatur Jalan Tol lalu diserahkan ke Dirut PT HK saat itu HK sudah bisa mengadakan kontraktor,” kata Hasan.

Sesuai perencanaan, terangnya, pelaksanaan fisik pembangunan akan dimulai setelah pembebasan lahan tuntas. Untuk trase pertama sepanjang 17,6 Km, Kota Bengkulu-Taba Penanjung dari Simpang Betungan Kota Bengkulu menuju arah Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Pembangunan trase awal ini ditargetkan tuntas Maret 2021. “Sesuai target dari pak Menteri, mudah-mudahan 2021 pembangunan trase pertama ini selesai,” harapnya.

Terpisah Ketua Tim Persiapan Pengadaan Lahan Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau Hamka Sabri menerangkan saat ini tim bersama Warga Terdampak Pembangunan (WTP) masih melakukan pendataan dan verifikasi di lapanganl. Dari dokumen perencanaan awal ada 270,98 ha lahan dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol trase pertama. Lahan ini harus diverifikasi terlebih dulu baik kepemilikan maupun tanam tumbuhnya.

Hasil verifikasi akan menjadi bahan konsultasi publik dengan WTP. “Bila WTP menyatakan persetujuannya, maka izin Penetapan Lokasi (penlok) jalan tol yang merupakan output dari tim persiapan pengadaan lahan akan diajukan kepada Gubernur Bengkulu untuk dikeluarkan SK Penlok,” ujar Hamka.

Ditargetkan akhir April verifikasi tuntas, dan SK Penlok keluar Mei. Untuk kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan pembebasan lahan oleh tim lainnya. “Target kita Mei Penlok keluar. Insya Allah mudah-mudahan bisa sesuai target dan mohon doa dan dukungan dari masyarakat,” sambung Hamka.

Jalan tol trase pertama ini akan melalui 1 kota dan 1 kabupaten., 5 kecamatan dan 6 desa 1 kelurahan. Meliputi, Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, dan selebihnya kecamatan berada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Terdiri dari Kecamatan Talang Empat dengan desa yang dilalui yaitu Air Sebakul, Padang Ulak Tanjung, dan Jumat. Kemudian Kecamatan Karang Tinggi dengan desa dilalui yaitu Desa Penanding, Kecamatan Taba Penanjung yaitu Desa Sukarami, dan Kecamatan Semidang Lagan yaitu Desa Lagan. (key)

Berita Lainnya

Resmi Dilantik, Anggota DPRD Kota Bengkulu Diminta Bersinergi dan Kerja Profesional

BENGKULU–  Pasca Pemilu Presiden RI dan Legislatif, termasuk Pemilihan Legislatif DPRD Kota Bengkulu 17 April ...

error: Content is protected !!