Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Ketua KPU: Jangan Coba-coba “Bermain” di Pemilu

Ketua KPU: Jangan Coba-coba “Bermain” di Pemilu

OPERATOR: Bimtek terhadap operator Situng oleh KPU Mukomuko. (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Ketua KPU Mukomuko Irsyad menegaskanm semua penyelenggara Pemilu 2019 agar serius dan fokus dengan tugas. Baik jajaran di tempat pemungutan suara (TPS), desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten. Jangan coba-coba bermain ataupun melakukan tindakan yang melanggar etika. Apalagi mengarah pada dugaan tindak pidana.

“Wajib menjalankan tugas dan fungsi (Tupoksi) masing-masing dengan tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku,” tegas Irsyad.

Diterangkannya, di setiap kegiatan, jajarannya selalu diingatkanka agar maksimal bekerja sebagai penyelenggara Pemilu. Karena itu diharapkan seluruh penyelenggara tidak melanggar dan melakukan tindakan-tindakan. Apalagi merugikan seluruh pihak. Termasuk jangan coba-coba berpihak keada salah satu peserta Pemilu.

“Seluruh penyelenggara Pemilu netral. Tetapi mempunyai hak untuk memberikan suara. Jadi gunakanlah hak suara dengan bijak serta tidak memanfaatkan jabatan sebagai penyelenggara Pemilu. Yakni untuk berbuat hal-hal yang dapat mencederai pesta demokrasi. Apalagi hingga dapat terjerumus ke arah dugaan tindak pidana,” ujar Irsyad.

Ditambahkan, kalau ditemukan dan terbukti adanya oknum penyelenggara Pemilu dibawah jajaran KPU Mukomuko yang mencederai serta mencoreng pesta demokrasi serentak 17 April 2019 mendatang, oknum tersebut diberi tindakan tegas. Diproses sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Kalau ada oknum yang bermain, kita pastikan menindak tegas sesuai dengan dugaan kesalahan yang dilakukan. Kalau telah mengarah ke tindak pidana, pihaknya akan bantu oknum tersebut secara resmi ke pihak berwajib. Termasuk jika oknum itu ada di dalam lingkungan KPU Mukomuko. Artinya bukan di tingkat TPS, KPPS, PPS, PPK saja,” tandas Irsyad.(hue)

Berita Lainnya

Sibak dan Kota Mukomuko Lolos 8 Besar

MUKOMUKO – Dari sebanyak 16 tim yang turun dalam perhelatan Liga Desa Nusantara (LDN) seri ...

error: Content is protected !!