Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Lahan TPA Sampah Sudah Dibebaskan

Lahan TPA Sampah Sudah Dibebaskan

BERSERAKAN: Belum adanya lokasi TPA menyebabkan sampah masih dibuang sembarangan, bahkan tampak berserakan di tepi jalur lintas jalan raya. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah milik Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) sudah dibebaskan dengan luas lahan mencapai 3 hektare. Lokasinya terletak di Desa Batu Raja, Kecamatan Pondok Kubang. Tempat ini akan digunakan untuk lokasi TPA Benteng, karena sampai saat ini belum ada lokasi pasti yang bisa digunakan masyarakat.

“Pembebasan lokasi memang menjadi tanggung jawab kami dari Dinas Pertanahan dan Pemukiman Benteng,” jelas Kepala Dinas Pertanahan dan Pemukiman Benteng, Hendri Donald, SH, MH, Jumat (12/4).

Dijelaskannya, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Benteng untuk proses pemanfaatan lahan yang telah tersedia tersebut. Desakan dari masyarakat untuk penyediaan TPA sudah berjalan cukup lama. Bahkan, banyak keluhan karena sampah dibuang di tepi jalur lintas.

“Padahal, itu semua belum tentu dilakukan oleh masyarakat Benteng. Bisa saja pengguna jalan dari luar Benteng yang kebetulan melintas dan membuang sampah secara sengaja di lokasi yang bukan semestinya di tepi jalur lintas,” ujarnya.

Sementara, beberapa lokasi pembuangan sampah memang masih milik masyarakat yang sudah digunakan dengan sistem sewa. Namun, dengan tersedianya lahan TPA yang baru, bisa dimanfaatkan dengan segera.

Dalam waktu dekat juga akan dilakukan pematangan lahan TPA, terutama untuk jalur keluar masuk lokasi TPA. Dengan beroperasinya TPA kedepan, maka sampah yangselama ini tidak ada titik pasti pembuangannya, bisa dikelola dengan baik. Terutama untuk menciptakan daerah yang bersih dan jauh dari sampah yang berserakan tidak sesuai tempatnya. (vla)

Berita Lainnya

Bupati Tutup JPD XII

BENTENG – Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, Sabtu (20/7) malam ...

error: Content is protected !!