Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / 1 Mundur, 7 Ikut Tahap Wawancara Seleksi Sekkab

1 Mundur, 7 Ikut Tahap Wawancara Seleksi Sekkab

PELABAI – Tahap wawancara seleksi jabatan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong yang digelar Sabtu (13/4), hanya diikuti 7 peserta. Satu peserta, Drs. M Syahroni mengundurkan diri karena telah dilantik Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, Kamis (11/4).  ‘’Benar satu peserta batal ikut wawancara karena mundur dari tahapan seleksi,’’ kata Kabid Mutasi Pengadaan dan Informasi, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, Adib Ropik, S.Sos.

Tidak hanya wawancara, 7 peserta itu juga telah melewatkan tahapan menulis dan mempresentasikan makalah yang dilaksanakan, Jumat (12/4). Hasil penulisan dan presentasi makalah serta hasil wawancara akan diumumkan Senin (15/4) di media massa dengan ruang lingkup se Provinsi Bengkulu.  ‘’Seminggu kemudian, Senin, 22 April hasil seleksi akan disampaikan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara, red),’’ tutur Ropik.

Dijelaskannya penentuan hasil seleksi murni kewenangan Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemkab Lebong Tahun 2019 yang beranggota 5 orang. Yakni 3 orang kalangan akademisi dan 2 orang kalangan birokrasi.

Sementara tim panitia sekretariat kabupaten di BKPSDM Lebong hanya memfasilitasi jalannya seleksi dan mengumumkan hasil kelulusan seleksi. ‘’Kami hanya menindaklanjuti instruksi dari pansel untuk mengumumkan tahapan selanjutnya,’’ terang Ropik.

Tidak dipungkirinya, sekalipun hasil seleksi menjadi syarat mutlak penentuan pemenang lelang jabatan, finalnya tetap ada di tangan bupati. Mengingat timsel akan mengajukan 3 nama ke bupati sebelum akhirnya disampaikan ke gubernur untuk memperoleh rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). ‘’Ya kita lihat saja nanti siapa tiga nama yang akan dikirimkan,’’ ungkap Ropik.

Tujuh peserta yang mengikuti tahapan wawancara di gedung Graha Bina Praja Sekretariat Kabupaten Lebong itu antara lain, Ir. Eddy Ramlan, M.Si yang menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lebong dan Drs. Dalmuji Suranto yang menduduki kursi Penjabat (Pj) Sekkab Lebong.

Lainnya, Jauhari Candra, SP, MM yang menjabat Kepala Inspektorat Lebong dan Bambang Agus Suprabudi, S.Sos, M.Si yang menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lebong.

Termasuk Drs. Achmad Ghozali yang menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Lebong serta Drs. Firdaus yang menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Lebong.

Satunya lagi, PNS dari luar Lebong yakni Mustarani, SH, M.Si yang masih aktif menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara.(sca)

Berita Lainnya

Tak Usul Blacklist, OPD Dievaluasi

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ...

error: Content is protected !!