Minggu , 21 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Inspektorat Gandeng BPK Telusuri Aset Pemda yang Hilang

Inspektorat Gandeng BPK Telusuri Aset Pemda yang Hilang

KOTA MANNA – Meski sudah sering didata namun keberadaan aset milik Pemda Bengkulu Selatan masih amburadul. Untuk memastikan keberadaan aset yang banyak “hilang”, Inspektorat Daerah (Ipda) melakukan penelusuran ke setiap Organisasi Perangkat Derah (OPD).  “Penelusuran keberadaan aset akan dilakukan bersama tim dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) ,” terang Sekretaris Ipda Bengkulu Selatan, Asih Kadarina, M.Pd

Dikatakan Asih, pihaknya akan mendata semua jenis aset, baik aset bergerak ataupun aset tidak bergerak. Hal itu untuk memastikan keberadaan aset sesuai dengan peruntukan dan keberadaanya. “Peruntukan dan keberadaan aset harus sesuai dengan yang tercantum dalam data di BPK. Karena selama ini banyak aset milik Pemda yang dibeli dengan uang APBD ataupun bantuan dari pemerintah pusat sudah tidak jelas,” sambung Asih.

Sejauh ini, lanjut Asih, sudah beberapa OPD yang didata keberadaan dan peruntukan aset, seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK). Hasilnya, tim menemukan beberapa aset yang tidak sesuai peruntukan. Seperti di Dinas LHK ditemukan beberapa sepeda motor trail yang dikuasai ASN diluar bidang tugas dan bertugas diluar OPD tersebut. “Aset yang tidak sesuai peruntukannya ditarik semua. Karena itu akan ditempatkan sesuai dengan OPD tempat aset tersebut terdata,” tegas Asih.

Kedepan, pihaknya akan terus menelusuri keberadaan aset yang tidak jelas dan telah banyak dikuasai ASN ataupun oknum tertentu. Karena dari beberapa informasi, banyak kendaraan dinas milik Pemda Bengkulu Selatan yang diklaim milik pribadi oleh pejabat dan mantan pejabat. “Semuanya akan ditelusuri. Kalau ditemukan yang tidak sesuai peruntukan, akan ditarik. Hal ini dilakukan untuk pendataan aset, supaya aset milik daerah benar-benar terdata dengan baik,” tutup Asih.(tek)

Berita Lainnya

Honor Petugas Rumah Ibadah Belum Cair

KOTA MANNA – Pemkab Bengkulu Selatan (BS) melalui Bagian Kesra sudah melakukan penganggaran senilai Rp ...

error: Content is protected !!