Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Kaur / 3.706 Rumah Tidak Miliki Jamban

3.706 Rumah Tidak Miliki Jamban

KOTA BINTUHAN –  Dinas Kesehatan Kaur mendata sebanyak 3.706 rumah warga belum miliki jamban atau WC. Menariknya kondisi itu bukan hanya di desa terpencil saja, di desa-desa wilayah perkotaan juga ada.  Hal ini menjadi perhatian Dinas Kesehatan. Karena tidak memiliki jamban, warga buang air besar sembarangan. Seperti di sungai, tepi pantai dan kebun belakang rumah. Tentu saja kebiasaan buruk ini, rawan menyebabkan penyakit. Apalagi, sampai saat ini belum ada program pembuatan jamban gratis dari pemerintah.

Lebih lanjut, rumah yang tidak memiliki jamban terbanyak di wilayah Puskesmas Muara Sahung dan Mentiring. Di Muara Sahung ada 638 rumah dan di Mentiring ada 517 rumah yang tidak miliki jamban. Sedangkan di tengah Kota Bintuhan, 104 rumah yang belum miliki jamban. Sisanya di kecamatan lain.

“Memang kita akui masih banyak di Kaur ini KK yang belum miliki jamban. Punya rumah namun tidak ada jamban, seharusnya jamban ini paling diutamakan. Karena untuk menjaga kesehatan lingkungan dan untuk tahun 2019 ini akan kita perbaharui lagi datanya,” kata Kabid Kesmas Dinkes Kaur Asridawati, S.KM.

Data warga tidak memiliki jamban tersebut menurut Kabid Kesmas sudah disampaikan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Dengan tujuan agar alokasi DD bisa untuk membangun jamban umum. Karena alokasi DD bisa digunakan membangun jamban umum.

“Mulai tahun ini kita harapkan ada alokasi DD di setiap desa untuk pembangunan atau membantu membangun jamban warga miskin di sekitar desa. Ini sudah kita sampaikan mudah-mudahan bisa terealisasi secara bertahap. Kita harapkan beberapa tahun ke depan tidak ada lagi warga Kaur yang tidak mempunyai jamban,” pungkas Asridawati. (cik)

Berita Lainnya

Tambah Libur Guru Disanksi

KOTA BINTUHAN – Dinas Pendidikan Kabupaten (Dispendik) Kaur, Senin (15/7) akan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ...

error: Content is protected !!