Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / CJH Benteng Divaksin Influenza

CJH Benteng Divaksin Influenza

VAKSIN: Calon Jamaah Haji (CJH) Bengkulu Tengah (Benteng), Minggu (14/4) mengikuti kegiatan vaksin influenza. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) musim haji tahun 2019 ini, mengikuti kegiatan pemberian vaksin influenza, Minggu (14/4). Kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Ujung Karang, Kecamatan Karang Tinggi. Sebelumnya, CJH Benteng diharuskan melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) untuk bisa melanjutkan rangkaian kegiatan sebelum CJH diberangkatkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Benteng, H. Sipuan, S.Ag, MM menjelaskan, kegiatan vaksin ini merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk menjaga kekebalan tubuh CJH saat melaksanakan ibadah nanti di Tanah Suci.

“Salah satunya yakni vaksin influenza yang akan melindungi CJH dari penyakit terutama dengan suhu atau udara panas di Tanah Suci,” jelasnya.

Dijelaskannya, penyakit influenza ini bisa dicegah datang kepada jemaah melalui vaksin ini. Saat ini sudah ada vaksin influenza Quadrivalent yang terdiri atas dua strain influenza A yaitu H1NI dan H3N2. Serta ada juga Strain Influenza B dengan jenis Victoria dan Yamagata.

Sementara itu, Kasi Haji Kantor Kemenag Benteng, Rusman, S.Ag menuturkan, untuk pelaksanaan vaksin jenis Meningitis adalah wajib. Sedangkan untuk vaksin influenza ini sangat disarankan untuk para CJH. Tujuannya agar kekebalan tubuh CJH dapat semakin baik meskipun menjalankan ibadah dengan keadaan suhu cuaca yang panas nantinya.

“Vaksin mampu mengurangi resiko CJH terkena penyakit. Selain itu, vaksin influenza juga dapat mencegah dan melindungi para CJH dari penyakit pernafasan berat yang awalnya disebabkan oleh flu berat,” katanya.

Beberapa tahapan pemeriksaan kesehatan untuk CJH di tahap 1 yang sudah dilakukan oleh Puskesmas, tahap kedua tes kebugaran fisik serta vaksinasi Meningitis. Untuk hal lainnya para CJH diharapkan tetap menjaga kesehatan sebelum pemberangkatan. “Kesehatan yang terjaga akan menjadikan CJH fit dan tidak terkendala kesehatan selama di Tanah Suci,” terangnya.

Sesuai dengan edaran yang telah disepakati bersama, untuk kegiatan vaksinasi Meningitis akan dilaksanakan pada 20, 22 dan 23 April di Puskesmas rujukan untuk CJH saat pertama kali melakukan pemeriksaan kesehatan. Hasilnya nanti akan dikirim melalui entry data ke Siskohakes, karena menjadi syarat wajib juga bagi CJH untuk mendapatkan visa selain hasil rekam biometrik. (vla)

Berita Lainnya

9 September Dewan Dilantik

BENTENG – Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng, Senin(22/7) menetapkan 25 anggota caleg DPRD Benteng ...

error: Content is protected !!