Selasa , 16 Juli 2019
Home / Metropolis / Dewan Siap Kaji Kenaikan Gaji Honorer 

Dewan Siap Kaji Kenaikan Gaji Honorer 

BENGKULU- Rencana Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE ingin menaikkan gaji tenaga honorer  Pemerintah Kota (Pemkot) setara dengan upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp 2,1 juta mulai mendapat perhatian khusus dari DPRD Kota Bengkulu.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Hamsi, Amd mengatakan, dewan siap mengkaji kenaikan upah honorer untuk dianggarkan dalam rancangan APBD perubahan mendatang. “Kalau penganggaran kenaikan gaji honorer itu sepenuhnya tergantung pemkot. Sebab jika pemkot mengusulkan dengan kita (banggar) nantinya akan kita tindak lanjuti, dan mengkajinya berapa nominal yang akan dianggarkan keseluruhannya itu,” kata Hamsi.

Dikatakan Hamsi, pengkajian dilakukan akan menghitung keseluruhan APBD kota selama ini. Pasalnya secara hitungan saat ini, APBD kota masih belum berimbang antara belanja pegawai dengan kebutuhan rakyat.

“Jadi kita lihat seefisien mungkin anggaran APBD kota. Apalagi kita ketahui jumlah honorer kota saat ini saja ribuan orang. Makanya kita akan mengkaji dengan matang, melihat aturannya secara jelas. Jangan sampai nanti ketika dianggarkan timbul masalah dikemudian hari,” jelasnya.

Hamsi menambahkan, pihaknya juga dari awal meminta kenaikan gaji honorer Pemkot juga menjadi skala prioritas. Sebab tuntutan kenaikan gaji honorer pemkot yang sudah sejak lama tersebut, harus diutamakan. Lantaran mengingat kondisi harga kebutuhan pokok sudah merangkak naik setiap tahunnya. “Karena tenaga honerer atau kontrak itu juga ada para pekerja penyapu jalan. Tugas mereka juga berat, setiap subuh dan sore hari mereka bekerja. Jadi sudah sepantasnya jika gaji mereka dinaikkan,” ungkapnya.

Senada disampaikan Anggota Banggar DPRD Kota Bengkulu lainnya, Indra Sukma. Ia mengungkapkan, pihaknya akan mendukung rencana kenaikan gaji sejumlah honorer pemkot tersebut. Sebab mengingat kinerja honorer saat ini sudah sama dengan kerja pegawai negeri sipil.

“Memang menjadi skala prioritas kita berencana mengakomodir usulan kenaikan gaji mereka (honorer) itu. sebab kita juga bicara kondisi ekonomi saat ini, bahwa kebutuhan pokok juga sudah naik. Sementara mereka menerima gaji pas-pasan. Jadi sudah sewajarnya kalau gaji mereka itu naik,” tuturnya.(new)

Berita Lainnya

Buat Akte Kelahiran Bisa dari Rumah

BENGKULU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kota Bengkulu saat ini sedang membangun dan menerapkan ...

error: Content is protected !!