Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Disparpora Tetapkan 42 Paskibraka 2019

Disparpora Tetapkan 42 Paskibraka 2019

TERSINGKIR: Sejumlah siswa tersingkir dari seleksi calon Paskibraka. (foto : peri/rb)

MUKOMUKO – Akhirnya didapat 42 siswa untuk jadi anggota Paskibraka kabupaten tahun ini. Hasil tersebut setelah melewati perjalanan yang cukup rumit dan menegangkan.  Tim seleksi mampu milih 42 siswa setelah menyelesaikan semua tahapan seleksi dan menetapkan dalam rapat, yang diputuskan pukul 00.30 WIB, Minggu (14/4).

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko Apriansyah, ST, MT, sebanyak 42 orang anggota paskibraka itu, terdiri dari 21 pria dan 21 wanita. “Ini dari jumlah 134 siswa yang mengikuti selekti tingkat kabupaten,” kata Apriansyah.

Seleksi tahap pertama, yakni mengukur tinggi badan dan berat badan. Hasilnya, 56 orang siswa dinyatakan tidak menuhi syarat. Pasalnya, ada yang tinggi badan kurang, berat badan berlebihan, atau kurang memenuhi standar.

Dilanjutkan pada seleksi tahap kedua, hanya diikuti 78 siswa. Tes tahap kedua, adalah tes kemampuan peraturan baris berbaris (PBB). Setelah dilaksanakan seleksi, 28 siswa dinyatakan gugur.

Jumlah peserta tinggal 50 siswa dan langsung dilakukan seleksi kesehatan. Dari hasil tes kesehatan, ditemukan sebanyak 8 siswa tidak menuhi syarat. “Dan tim seleksi  menentukan, untuk peserta yang dinyatakan lolos hanya 42 orang. Ini sesuai dengan kebutuhan tahun ini,” ujar Apriansyah.

Lanjut Apriansyah, untuk peserta yang dinyatakan lolos seleksi, Agustus mendatang akan menjalani karantina di kabupaten. Ini untuk menjalani pendidikan seperti yang dilakukan anggota paskibraka tahun sebelumnya.

Pendidikan yang bakal diberikan, mulai dari pendidikan fisik, PBB, dan yang lainnya. Selama proses karantina, semua peserta menginap di Mukomuko. ‘’Makan minum bagi peserta selama proses karantina, semua ditanggung oleh pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu dari 42 orang siswa yang lolos, sebanyak 3 pasang dikirim ke provinsi mengikuti proses seleksi paskibraka di tingkat provinsi. Syukur-syukur bisa ada yang lolos seleksi tingkat nasional. ‘’Untuk menentukan siapa anggota paskibraka kabupaten yang akan dikirim ke tingkat provinsi itu, mereka akan melakoni proses pematangan yang dibimbing personel TNI dan Polri,” demikian Apriansya.(hue)

Berita Lainnya

Guru Sulit Naik Pangkat

MUKOMUKO –  Guru berstatus PNS harus bersedia dipindah tugas kemanapun, mengabdi di wilayah Kabupaten Mukomuko. ...

error: Content is protected !!