Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Distribusi Logistik Pemilu Dimulai, Jumlah DPT Berkurang 185

Distribusi Logistik Pemilu Dimulai, Jumlah DPT Berkurang 185

DIKAWAL: Pendistribusian logistik pemilu yang dilakukan sejak Minggu (14/4), dikawal anggota Polri dan TNI serta mobil patroli dari Polres Rejang Lebong. (foto : wanda/rb)

CURUP – Minggu (14/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong mulai melakukan pendistribusian logistik pemilu serentak 17 April 2019. Pelaksanaan distribusi rencananya akan dilaksanakan hingga Selasa (16/4) besok. KPU Kabupaten Rejang Lebong mendistribusikan logistik pemilu ke wilayah kecamatan terjauh terlebih dahulu.

Hari pertama pendistribusian logistik pemilu dikirim ke 6 kecamatan, masing-masing Kecamatan Kota Padang, Sindang Beliti Ilir (SBI) dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU). Serta Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Sindang Kelingi dan Kecamatan Sindang Dataran. “Ya, hari ini enam kecamatan sudah kita lakukan pengiriman atau pendistribusian logistik,’’ terang Ketua KPU Kabupaten RL Drs. Restu S. Wibowo kepada RB.

Untuk hari kedua, sambung Restu, dijadwalkan pendistribusian logistik dilakukan untuk wilayah 5 kecamatan. Masing-masing Kecamatan Binduriang, Bermani Ulu (BU), Bermani Ulu Raya (BUR), Selupu Rejang dan Kecamatan Curup Utara. Sedangkan untuk hari terakhir atau Selasa (16/4) mendatang logistik didistribusikan untuk 4 wilayah, masing-masing Kecamatan Curup, Curup selatan, Curup Tengah dan Kecamatan Curup Timur.

“Untuk pendistribusian ke wilayah PPS hingga ke TPS masing-masing, dilakukan langsung oleh masing-masing PPK. Pengawalan pendistribusian logistik pemilu dilakukan secara ketat oleh personil Polri dan TNI. Pendistribusian menggunakan kendaraan truk, dua sampai tiga unit kendaraan. Hari ini (kemarin, red) jumlah TPS yang didistribusikan ke 6 kecamatan, sebanyak 239 dari jumlah keseluruhan 806 TPS,’’ demikian Restu.

DPT Berkurang 185

Sementara itu, Menjelang hari pencoblosan Pemilu Serentak 17 April 2019, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terus mengalami perubahan. Dimana dari data Rapat Pleno KPU Kabupaten RL, jumlah keseluruhan DPT mengalami penurunan. Dimana dari jumlah DPT sebelumnya 203.336 berubah menjadi 203.151 mata pilih.

Seperti yang disampaikan Komisioner KPU Kabupaten RL Divisi Data dan Informasi Lusiasa, S.Pd.I kepada RB. “Pleno terakhir mencatat ada perubahan data pemilih. Dari 203.336 menjadi 203.151 mata pilih atau berkurang 185 mata pilih. Ini diketahui dan terjadi dari perubahan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan, red) baik jumlah keluar maupun jumlah yang masuk,’’ terang Lusiana.

Dimana, sambung Lusiana, jumlah DPTb yang masuk sebanyak 582 mata pilih dengan rincian 426 pemilih laki-laki dan 157 pemilih perempuan. Sedangkan DPTb keluar sebanyak 765 pemilih dengan rinciannya 436 pemilih laki-laki dan 329 pemilih perempuan. Serta Daftar Pemilih Khusus (DPK) dengan jumlah keseluruhan sebanyak 1.102 jiwa, 575 pemilih laki-laki dan 527 pemilih perempuan.

“Untuk DPTb masuk merupakan pemilih dari luar yang akan memilih di Kabupaten Rejang Lebong. Sedangkan DPTb keluar, yaitu mata pilih di Rejang Lebong namun tercatat akan memilih di wilayah lain. Sedangkan DPK sendiri merupakan pemilih yang baru terdaftar lantaran baru memiliki identitas kependudukan yang resmi,’’ demikian Lusiana.(dtk)

 

Berita Lainnya

Maksimalkan Realisasi Program

CURUP – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Kabupaten Rejang Lebong ...

error: Content is protected !!