Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Lebong / Fungsional Pengadaan Harus Kerja Profesional

Fungsional Pengadaan Harus Kerja Profesional

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si mengingatkan Bagian Layanan Pengadaan (BLP) benar-benar profesional dalam penentuan rekanan pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah di Kabupaten Lebong tahun ini. Artinya 5 pejabat fungsional pengadaan yang menduduki jabatan anggota kelompok kerja (Pokja) BLP harus benar-benar teliti dalam memverifikasi setiap berkas penawaran lelang pengadaan barang/jasa yang masuk.

Penentuan rekanan pelaksana pengadaan barang/jasa pemerintah tidak boleh didasarkan kepada asas kedekatan. Apalagi karena ada kongkalingkong atau kesepakatan yang menguntungkan sekelompok orang. ‘’Asasnya harus berdasarkan kepada prosedur lelang yang benar, yakni Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,’’ tegas Rosjonsyah.

Dimintanya, perusahaan yang memiliki track record tidak baik jangan lagi diberdayakan. Termasuk kontraktor yang disanksi daftar hitam (blacklist). Tidak menutup kemungkinan kontraktor yang perusahaannya diblacklist menggunakan perusahaan lain. ‘’Makanya harus benar-benar diteliti setiap berkas penawaran yang masuk. Baik perusahaan maupun kontraktornya,’’ tukas Rosjonsyah.

Profesionalisme anggota Pokja BLP itu wajib karena mereka telah dilantik dan disumpah menjadi pejabat fungsional pengadaan yang profesional. Terlebih hak-haknya telah dipenuhi karena dalam teknis tugasnya anggota Pokja BLP diberikan tunjangan jabatan. ‘’Selain menerima TPP (tunjangan penghasilan pegawai, red) yang setara eselon IV, mereka juga menerima tunjangan paket lelang,’’ tutur Rosjonsyah.

Dengan profesionalisme anggota Pokja BLP, diharapnya seluruh pengadaan barang/jasa pemerintah tahun ini, khususnya untuk kegiatan fisik tidak ada yang tidak selesai. Semua kegiatan konstruksi harus selesai sesuai kontrak sebelum tutup tahun. Justru itu, jika pekerjaan diserahkan kepada rekanan yang punya track record tidak baik, dipastikan hasilnya juga tidak akan baik. ‘’Kalau tidak sanggup kerja profesional, ya silahkan pejabat pengadaan mundur dari jabatan,’’ ungkap Rosjonsyah. (sca)

Berita Lainnya

Baru 2 Hari di Lebong, Bocah 5 Tahun Hanyut

AMEN – Jum’at pagi (19/4), warga Desa Talang Bunut, Kecamatan Amen digegerkan hanyutnya Rahmat Gatra ...

error: Content is protected !!