Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Perbaikan Irigasi dengan Kesepakatan Petani

Perbaikan Irigasi dengan Kesepakatan Petani

ARGA MAKMUR – Tahun ini Pemkab Bengkulu Utara  akan memperbaiki beberapa titik irigasi ke sawah-sawah masyarakat. Namun hingga kini memang pelaksanaan pembangunan belum dilaksanakan namun akan segera dilakukan lelang.   Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kuasa Barus, SP menerangkan jika perbaikan irigasi akan lebihdulu melakukan pembicaraan dengan kelompok tani. Sehingga petani mengetahui dimana air tidak bisa maksimal mengaliri sawah mereka.

“Jadi nanti ketentuan kapan akan dimulai seusia dengan kesepakatan petani. Disamping juga akan disesuaikan dengan kontrak kerja terkait waktu pelaksanaan,” kata Barus.

Saat ini petani tengah memasuki musim tanam kedua dan memang belum dilakukan perbaikan. Paling cepat perbaikan saat musim panen kedua sudah selesai sehingga tidak ada lagi sawah yang membutuhkan banyak air layaknya saat musim tanam.  “Memang petani akan kehilangan satu musim tanam. Namun mereka tidak terlalu rugi karena perbaikan baru kita lakukan setelah petani selesai panen,” terangnya.

Saat perbaikan dilakukan petani bisa menanam palawija seperti jagung dan kedelai. Meskipun mereka tidak bisa menanam padi saat perbaikan irigasi dilakukan, namun tanah akkan makin subur dan bagus saat nanti mulai ditanami padi lagi. “Memang setiap satu tahun musim tanam ada satu musim yang kita sarankan petani menanam palawija untuk meningkatkan kualitas tanah. Jadi kita minta mereka nanti menanam palawija serentak sehingga waktu itu bisa dimanfaatkan untuk perbaikan irigasi,” terangnya. (qia)

Berita Lainnya

Tunjangan Sertifikasi 200 Guru Nunggak 6 Bulan

ARGA MAKMUR – Hingga saat ini Dinas Pendidikan Bengkulu Utara (BU) belum menyelesaikan pembayaran tunjangan ...

error: Content is protected !!