Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Sudah Tiga Tahun, Rumah Nelayan Belum Tuntas

Sudah Tiga Tahun, Rumah Nelayan Belum Tuntas

NELAYAN: Nelayan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sampai kini belum memiliki perumahan seperti yang direncanakan oleh pemerintah. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Sudah 3 tahun berlalu, rencana pendirian rumah nelayan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), khususnya di kawasan Kecamatan Pondok Kelapa, sampai saat ini masih belum terealisasi. Hal ini karena untuk lahan perumahan nelayan tersebut belum ada. Bahkan selalu gagal untuk lahan yang ditawarkan untuk diganti rugi.

Kadis Pertanahan dan Pemukiman Kabupaten Benteng, Hendri Donald, SH, MH saat dikonfirmasi mengaku, saat ini pihaknya masih mencari lahan untuk perumahan tersebut. “Luasnya minimal 1 hektare,” jelasnya, Minggu (14/4).

Dijelaskannya, anggaran untuk penyediaan lahan seandainya harus diganti rugi, sudah tiga tahun ini selalu tersedia. Namun, karena belum deal untuk lahan yang diinginkan, anggaran sudah tiga kali juga kembali ke Kas Daerah dan menjadi Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa).

Terakhir, rencana lahan di Desa Abu Sakim, Kecamatan Pondok Kelapa, juga gagal karena harga yang diinginkan pemilik lahan untuk ganti rugi tidak sesuai anjuran dari tim KJPP. Karena, penyediaan lahan merupakan salah satu kegiatan yang harus mendapatkan petunjuk dari KJPP.

KJPP sendiri berperan untuk menghitung besaran ganti rugi sesuai dengan kondisi lahan. “Yang di Abu Sakim nilai ganti rugi melebihi batasan yang ditetapkan KJPP, makanya batal juga,” ujar Hendri.

Tahun ini, anggaran bagi penyediaan lahan perumahan nelayan khususnya yang tidak mampu tersebut kembali dianggarkan untuk keempat kalinya. Diakui Hendri, pihaknya masih mencari lahan yang harus berada dekat dengan kegiatan nelayan. Lahan tersebut jika melihat kondisi nelayan, tetap harus berada di Kecamatan Pondok Kelapa. Di luar daerah tersebut, dapat dilihat tidak ada aktivitas nelayan.

“Salah satu syarat pembangunan rumah nelayan berada di dekat atau mudah dijangkau para nelayan,” demikian Hendri. (vla)

Berita Lainnya

Bantu Korban Kebakaran

BENTENG – Korban kebakaran di Dusun V Desa Pekik Nyaring menerima bantuan yang diserahkan langsung ...

error: Content is protected !!