Rabu , 19 Juni 2019
Home / Breaking News / 17 Desa di Seluma Akan Dipasang BTS WiFi Gratis 

17 Desa di Seluma Akan Dipasang BTS WiFi Gratis 

SELUMA– Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Seluma memastikan  tahun 2019  akan menerima bantuan dari Kementerian Kominfo berupa Best Transceiver Station (BTS) Wifi untuk 17 desa blank spot . Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Seluma, Hendarsyah, S.IP, MT. Ia mengatakan bantuan 17 BTS wifi ini merupakan program Bakti Kementerian Kominfo khusus untuk desa blank spot di Kabupaten Seluma.  “Sebanyak 16 BTS merupakan wifi dan Satu BTS GSM wifi, yang dapat memperkuat signal seluler di desa tersebut,” terang Hendarsyah.

Pemasangan BTS wifi dan GSM wifi ini direncanakan akan dimulai bulan Mei mendatang. Namun masih untuk mensurvei 17 titik lokasi pemasangan BTS tersebut yang akan dilakukan oleh tim Bakti Kementerian Kominfo. “Tahapannya, pada bulan Mei akan dilakukan survei, setelah itu baru direncanakan pemasangan yang diperkirakan akan di mulai pada bulan Juni mendatang,” jelas Hendarsyah.

Lanjutnya dalam pemasangan BTS ini, Kominfo Seluma hanya menerima saja. Sementara untuk pemasangan, semua akan dilakukan oleh tim Bakti Kemen Kominfo.  “Nanti kalau sudah terpasang BTS, daerah-daerah blank spot tersebut akan mudah dalam berkomuikasi, juga mengakses jaringan internet” kata Hendarsyah.

Terkait dana yang dipakai untuk pemasangan BTS tersebut, Hendarsyah mengaku tidak tahu. Pasalnya pihaknya hanya menerima dalam bentuk 1 BTS GSM Wi-Fi, dan 16 BTS Wi-Fi gratis.  “Tugas kita hanya menyiapkan desa-desa yang akan menerima program bantuan ini. Untuk pemasangan dan lainnya, semua kewenangan Kemen Kominfo. Sehingga untuk biaya yang dialokasikan untuk pemasangan BTS ini kita tidak mengetahui,” sampai Hendarsyah.

Adapun 17 desa yang akan dipasang BTS ini yakni Desa Sekalak dan Lubuk Resam, Kecamatan Seluma Utara. Lalu Desa Tanjung Agung, Kecamatan Seluma Barat. Kemudian Desa Cawang, Padang capo ilir, Kecamatan Lubuk Sandi. Lalu Desa Muara Simpur, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Selanjutnya Desa Mekar jaya, Giri Nanto, Simpur Ijang, Kecamatan Ulu Talo. Kemudian Desa Kayu Elang, Cugung Langu, Renah Gajah Mati 1, Gunung Megang, Suban, Kecamatan Semidang Alas (SA) dan Desa Batu Tugu dan Batu Balai, Kecamatan Talo.  “Untuk BTS GSM akan dipasang di Desa Padang Capo Ulu, yang memang masih blank spot. Untuk 16 desa lainnya dipasang BTS wifi saja,” demikian Hendarsyah.(aba)

Berita Lainnya

KONI Support Atlet Karate ke SEA Games

BENGKULU – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu akan melepas secara resmi atlet Karate ...

error: Content is protected !!