Kamis , 25 April 2019
Home / Metropolis / Anggaran TPG Belum Ditransfer

Anggaran TPG Belum Ditransfer

BENGKULU – Anggaran pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan I belum ditransfer pusat ke kas daerah. Sembari menunggu anggaran turun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu mulai memverifikasi berkas persyaratan untuk penerbitan SK penerima TPG.

“Anggaran pembayaran TPG triwulan I memang belum masuk ke kas daerah. Tapi untuk berkas persyaratan pengajuan SK Penerima TPG sudah kita mulai sejak awal April lalu,” ujar Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu, Budiman Ismaun melalui Operator SIM Tunjangan Dikbud Provinsi Bengkulu, Aruan, SE, kemarin (15/4).

Tahun ini ada sekitar 3.479 guru/pengawas di 10 kabupaten/kota berhak menerima tunjangan yang lebih dikenal tunjangan sertifikasi tersebut. Namun dari jumlah itu belum tentu semua guru menerima karena masih harus melengkapi persyaratan, diantaranya jam mengajar. “Syaratnya valid, jam mengajar 24 jam dalam 1 minggu terpenuhi maka SK penerimanya keluar dan itulah yang akan menjadi penerima TPG tahun ini,” sambung Aruan.

Untuk penerima tahun lalu, sambungnya tidak seluruhnya terealisasi. Ada kurang lebih 200 guru gagal mendapatkan TPG karena kurang jam mengajar. Sedangkan yang terealisasi sebanyak 1.607 guru SMA tersebar di 10 kabupaten/kota, 861 guru SMK tersebar di 10 kabupaten/kota dan pengawas sebanyak 101 SMA/SMK/SLB.

“Untuk pengajuan pencairan syarat utamanya harus ada SK Penerima TPG. SK berlaku per semester, jadi satu kali terbit SK bisa dipakai untuk 2 kali pencairan,” terangnya.

Ditambahkan Kabid Pembinaan Ketenagaan Dikbud Provinsi Bengkulu, Tusman Haidi, idealnya April sudah disalurkan kepada guru penerima TPG untuk triwulan pertama ini. Akan tetapi bila berkaca pada tahun lalu, penyaluran TPG biasanya pada bulan Mei atau Juni. “Nanti verifikasi data dan persyaratan dulu, kalau semua lengkap akan turun SK Penerima TPG dari Dirjen. Baru kita bisa mengajukan pencairan,” bebernya.

Tusman menambahkan, proses pencairan tahap 1 ini lebih lama dari tahap 2 karena menunggu SK Penerima TPG turun sebagai syarat pengajuan pencairan. Akan tetapi untuk penyaluran triwulan kedua akan lebih cepat karena SK Penerima TPG masih berlaku, dan bisa digunakan untuk syarat pencairan. “SK berlaku penerima per semester, triwulan 1 dan II dan SK semester 2 untuk pencairan triwulan III dan IV,” demikian Tusman. (key)

Berita Lainnya

Pemprov Kaji Peluang Rekrut CPNS dan PPK

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengkaji kemungkinan untuk merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ...

error: Content is protected !!