Minggu , 21 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Anggota DPRD Baru Dapat Pin Emas 10 Gram

Anggota DPRD Baru Dapat Pin Emas 10 Gram

MUKOMUKO –Meskipun pencoblosan untuk DPRD Kabupaten dan lainnya baru digelar Rabu (17/4), namun 25 orang yang bakal menjadi anggota DPRD Kabupaten Mukomuko periode 2019-2024 ini sudah disiapkan berbagai fasilitas untuk mereka.

Salah satu diantaranya yang bakal mereka dapat, paling lambat sehari sebelum dilantik, yakni pin emas seberat 10 gram setiap anggota DPRD. Jadi dari 25 anggota DPRD itu, berarti pin emas yang disiapkan seberat 250 gram. Pin emas tersebut dananya dianggarkan dari APBD Pemkab Mukomuko.

“Pin emas ini, adalah pin berbentuk logo lembaga DPRD. Beratnya disesuaikan anggaran. Nantinya diberikan juga pin duplikat,’’ papar Sekwan Mukomuko, Drs. H. Bustari Maler, M.Hum, Senin (15/4).

Selain fasilitas yang satu ini, juga disiapkan delapan stel pakaian dinas yang pengadaannya menyedot anggaran hingga Rp 900 juta. Diantara pakaian yang akan didapat anggota dewan baru tersebut yakni Pakaian Sipil Harian (PSH). Pengadaannya sudah disiapkan dana Rp 175 juta. Lalu Pakaian Sipil Lengkap (PSL) berikut dengan embel emas Rp 300 juta.

Lanjut Pakaian Dinas Harian (PDH) lengan panjang yakni pagu dana Rp 75 juta. Pakaian Sipil Resmi (PSR) Rp 100 juta, Pakaian Adat Daerah Rp 130,5 juta, Pakaian Batik Basurek Rp 75 juta serta Pakaian Olahraga dengan pagu dana Rp 48 juta.

‘’Ini semuanya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Yang dijabarkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 62 Tahun 2017 tentang Kemampuan Keuangan Daerah,” jelas Bustari.

Jadi lanjut Sekwan, ketika KPU Mukomuko sudah tetapkan 25 anggota DPRD Kabupaten terpilih, Setwan Mukomuko akan berkomunikasi untuk memastikan ukuran pakaian masing-masing dewan. Karena nantinya akan ada pakaian yang mereka gunakan langsung saat pelantikan. “Begitu mereka dilantik, sudah disiapkan pakaian dinas,” kata Bustari.(hue)

Berita Lainnya

Tiga Parpol Minimal Mendapat Dua Kursi

MUKOMUKO – Setidaknya ada tiga partai politik (Parpol) yang menimal mendapat dua kursi DPRD Mukomuko ...

error: Content is protected !!