Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Belok Kiri Langsung, Tidak Berlaku Lagi

Belok Kiri Langsung, Tidak Berlaku Lagi

STOP: Saat ini pengendara sudah tidak boleh lagi ‘belok kiri langsung’, melainkan harus stop atau berhenti saat lampu merah trafic light menyala. (foto : wanda/rb)

CURUP – Jika selama ini pengendara tetap boleh melintas ‘belok kiri langsung’, padahal ini sudah tidak berlaku lagi sejak adanya UU LLAJ nomor 22 tahun 2009. Dimana pengendara sudah wajib berhenti di setiap titik trafic light saat lampu merah. Ini disampaikan Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika, S.IK melalui Kasat Lantas AKP Henri Hutasoit, SH, S.IK kepada RB.

Dalam UU tersebut, terang Hendri, Pasal 112 ayat 3 sudah dijelaskan secara tegas, bahwa ‘pada persimpangan jalan yang dilengkapi pemberi isyarat lalulintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung berbelok kiri. Kecuali ditentukan lain oleh rambu lalulintas atau alat pemberi isyarat lalulintas.

‘’Jadi sebenarnya sejak UU LLAJ nomor 22 tahun 2009, belok kiri langsung memang sudah tidak berlaku lagi. Hanya saja sampai sekarang memang masih banyak pengendara yang tidak mematuhinya. Makanya kita akan terus melakukan sosialisasi kepada para pengendara,’’ terang Henri.

Hal tersebut, sambung Henri, dilakukan dalam untuk kepentingan dan keselamatan pengendara itu sendiri. Kecuali memang untuk kendaraan tidak berhenti yang berdasarkan diskresi petugas lalu lintas seperti dikarenakan ada pengawalan, pemadam kebakaran dan ambulance. Karena kendaraan-kendaraan tersebut memang membutuhkan jalur prioritas karena darurat maupun demi  keselamatan, kelancaran dan percepatan pengawalan kepada suatu tujuan.

‘’Jadi pengendara harus ingat, bahwa kiri boleh langsung sudah tidak berlaku lagi di titik trafic light. Karena ini sudah diatur dalam ketentuan sebagaimana UU LLAJ  nomor 22 tahun 2009. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan dan menjaga keselamatan pengendara itu sendiri,’’ demikian Henri.(dtk)

 

Berita Lainnya

Waspada Kebakaran Lahan!

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten RL terus bersiaga dengan personel dan armada mereka. ...

error: Content is protected !!