Minggu , 18 Agustus 2019
Home / Probis / Kendaraan Pedesaan Meluncur Bulan Ini

Kendaraan Pedesaan Meluncur Bulan Ini

JAKARTA – Kendaraan Pedesaan atau Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang dikembangkan Kementerian Perindustrian akan dipasarkan sesuai dengan rencana, yakni April 2019. Produsen AMMDes, PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI), siap meningkatkan produksi saat produk tersebut mulai dijual.

Terlebih, pemerintah juga memiliki keinginan menawarkan AMMDes kepada beberapa negara yang dianggap memiliki kebutuhan yang sama dengan Indonesia. Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika menyebutkan, AMMDes bisa dipesan pada acara AMMDes Summit II yang dihelat beberapa pekan ke depan. “Kendaraan pedesaan itu memiliki spesifikasi tinggi. Kami ingin bawa kendaraan tersebut terjangkau dan murah,” ujar Putu.

Komponen AMMDes sebagian besar juga menggunakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). “Kami tidak mau menurunkan spesifikasi karena AMMDes akan bekerja keras di jalan yang ekstrem. Dari sistem saja, itu semua sudah bagus. Kemudian, dari aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan sudah diuji,” paparnya.

PT KMWI menyatakan akan menggenjot penjualan AMMDes di berbagai wilayah. Tingginya potensi penjualan dan efek positif yang dihasilkan dari hadirnya AMMDes di pedesaan menjadi salah satu alasan perusahaan untuk memaksimalkan ragam jalur pemasaran yang dimilikinya.

“Saat ini KMWI memiliki kapasitas produksi 3.000 unit per tahun. Rencananya, perusahaan meningkatkan kapasitas terpasangnya menjadi 12 ribu unit per tahun pada 2020,” ujar Presiden Direktur PT KMWI Reiza Treistanto.

Menurut dia, pemasaran AMMDes akan dibagi menjadi dua segmen. Pertama adalah melalui pemerintah. Kedua, menjualnya secara perorangan kepada masyarakat di desa. Untuk target penjualan di segmen pemerintah, bulan ini KMWI berencana mendaftarkan produk AMMDes-nya dalam katalog elektronik atau e-catalogue.

Dengan begitu, kementerian ataupun lembaga pemerintah lainnya yang ingin membelinya dapat mengaksesnya melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP). “AMMDes sendiri saat ini baru tersedia dalam model off-road. Namun, KMWI juga berencana untuk meluncurkan AMMDes untuk on-road,” tandasnya.

Setelah resmi mulai diproduksi, AMMDes rencananya tak hanya dipasarkan untuk kebutuhan domestik, tapi juga ekspor. Putu mengklaim sudah ada ketertarikan dari beberapa negara terhadap AMMDes. “Yang sudah minta itu seperti Timor Leste,” ungkapnya.

Putu menyatakan, masih ada negara lain yang juga berminat terhadap AMMDes. Nanti, hal tersebut diumumkan secara resmi oleh menteri perindustrian. Pengembangan AMMDes dianggap menjadi sebuah inovasi yang luar biasa. Bahkan, Putu menyatakan belum ada negara lain yang memproduksi kendaraan seperti AMMDes.(agf/c22/oki)

Berita Lainnya

BenMall Luncurkan e-Parking

BENGKULU – Bencoolen Mall bersama Bank Mandiri meluncurkan e-Parking dengan menggunakan e-Money di Atrium Bencoolen ...

error: Content is protected !!