Selasa , 23 April 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Pemda Rejang Lebong Fasilitasi Umrah Gratis Untuk 100 Warga

Pemda Rejang Lebong Fasilitasi Umrah Gratis Untuk 100 Warga

Ibnu Mas’ud, S.Sos, MM

CURUP – Program umrah gratis bagi masyarakat Kabupaten Rejang Lebong kembali dilanjutkan tahun ini oleh Pemkab Rejang Lebong.  Jumlahnya meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu untuk 100 orang. Sebelumnya untuk tahun 2017 hanya 30 orang dan tahun 2018 meningkat menjadi 50 orang dengan persyaratan yang sudah ditentukan Pemkab Rejang Lebong.

Dijelaskan Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Rejang Lebong Ibnu Mas’ud, S.Sos, MM kepada RB, masyarakat yang akan mendapat peluang dalam program umrah gratis tersebut, tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti imam, khatib, bilal, rubiah, gharim dan guru ngaji yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Rejang Lebong. ‘’Termasuk tokoh agama yang ada di desa dan kelurahan, hingga untuk masyarakat Rejang Lebong yang berprestasi,’’ terang Ibnu.

Dilanjutkan Ibnu, tahapan saat ini, mereka masih menunggu usulan calon peserta dari 15 kecamatan. Karena memang dalam proses mencari peserta umroh gratis itu Pemkab Rejang Lebong terlebih dahulu menyampaikan surat edaran (SE) kepada pihak kecamatan. Selain itu, masyarakat juga bisa mengajukan sendiri langsung ke Bagian Administrasi Kesra Sekkab Rejang Lebong.

‘’Hanya saja untuk yang mau mengajukan sendiri ke Bagian Kesra Sekkab Rejang Lebong tetap harus mendapat rekomendasi kecamatan. Jadi mendaftar langsung ke sini (Bagian Kesra, red) tetap bisa dan pasti kita layani dengan syaratnya itu tadi, tetap harus membawa surat rekomendasi dari kecamatan,’’ lanjut Ibnu.

Ditambahkan Ibnu, bila dalam pendaftaran nanti, jumlah pendafarnya lebih dari kuota yang disiapkan, panitia akan melakukan tahapan seleksi terlebih dahulu. Hal ini guna untuk melihat sejauh mana kemampuan mereka dalam menjalankan tugas sebagai tokoh agama yang ada di masing-masing desa dan kelurahan tempat tinggalnya. ‘’Program ini juga guna mendukung visi dan misi pemerintah daerah mewujudkan Rejang Lebong menjadi Kabupaten Religius,’’ demikian Ibnu.(dtk)

Berita Lainnya

Anak Jalanan Mulai Menjamur Jelang Ramadan

CURUP – Bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari lagi, sepertinya tidak lengkap jika tidak ...

error: Content is protected !!