Rabu , 19 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / TPA Kayu Aghau Bakal Disulap Jadi Taman

TPA Kayu Aghau Bakal Disulap Jadi Taman

PANTAU: Kadis DLHK Erwin Muchsin memantau TPA Kayu Aghau Manna, Senin (15/4). (foto : rio/rb)

KOTA MANNA – Bila memasuki kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kayu Aghau, Manna tahun 2019 ini, jangan heran. Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan ‘menyulap’ TPA berbentuk taman serta mengolah limbah sampah hingga menghasilkan kolam ikan.

Dari pantauan RB Senin (15/4), TPA yang mecapai luas hingga lima hektare ini sangat berbeda dengan TPA yang ada di kabupaten lain di Provinsi Bengkulu. Bagaimana tidak, TPA yang semestinya penuh bau busuk dan jarang orang lain mau memasukinya, namun TPA Kayu Aghau Manna disulap seperti taman.

Setiap harinya kurang lebih enam ton sampah dikubur di TPA. Sampah-sampah tersebut yang mayoritas dari rumah tangga itu, berasal dari 3 kecamatan dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kadis DLHK Bengkulu Selatan Erwin Muchsin, S.Sos mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh DLHK adalah bentuk dan hasil kerja keras DLHK selama ini. Selain hasil dari studi banding dengan daerah lain luar Provinsi Bengkulu, fungsi DLHK Bengkulu Selatan sekarang ini bukan hanya untuk buang sampah.

Hasil limbah sampah dijadikan kolam ikan lele dan bisa dimanfaatkan. “Ya, kalau tidak percaya silahkan datang langsung ke TPA. Baunya tidak terasa seperti bukan TPA yang ada di daerah lain. Ini lantaran cara kita kelola sampah dengan benar,” terang Erwin.

Lanjut Erwin, pengeloalan limbah sampah yang dilakukan adalah cara menguburnya di lahan yang telah disiapkan. Serta air sampah tersebut mengalir ke pipa yang telah dirancang sedemikian rupa. Sehingga bisa menjdi kolam ikan.

Dalam delapan tahun kedepan, paparnya, TPA masih mampu menampung seluruh sampah di Bengkulu Selatan. Inovasi tersebut terus dikembangkan untuk menjadikan TPA yang jauh dari kata jorok. ‘’Kita tidak berhenti untuk melakukan perbaikan agar TPA semakin baik dan tidak mencemari lingkungan,” papar Erwin.

Kadis DLHK selalu mengingatkan pada masyarakat Bengkulu Selatan agar tidak membuang sampah disembarang tempat. Karena, DLHK telah siapkan berberapa amrol sampah diberberapa titik agar memudahkan masyarakat buang sampah.  “Kami tidak pernah bosan untuk mengingatkan pada warga agar membuang sampah pada tempatnya. Dan siapapn boleh buang sampah di TPA ini,” demikian Erwin.(tek)

Berita Lainnya

Air Sekretariat Pemkab Macet, Bangun Tower Rp 300 Juta

KOTA MANNA – Persoalan air yang sering macet di lingkungan Sekretariat Pemkab Bengkulu Selatan (BS) ...

error: Content is protected !!