Kamis , 25 April 2019
Home / Metropolis / Dewan Minta Angkot juga Berinovasi

Dewan Minta Angkot juga Berinovasi

INOVASI: Agar bisa bersaing dengan kecanggihan tekonologis yang terus berkembang, sopir angkot diminta juga bisa berinovasi agar tidak ketinggalan zaman. (foto: yudi/rb)

BENGKULU – Hadirnya angkutan transportasi umum yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan penggunanya, seperti grab atau onjek online menjadi tantangan baru bagi angkutan kota (angkot) atau angkutan umum lainnya.

Saat ini nasib angkot semakin memprihatinkan. Jumlah penumpang semakin hari semakin menurun dikarenakan banyak yang sudah beralih menggunakan transportasi lain yang lebih canggih. Mau tidak mau, inovasi layanan perlu dilakukan di tengah derasnya perubahan zaman.

Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu, Tengku Zulkarnain mengatakan angkot harus mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Untuk itu angkot harus mencoba berbagai cara yang kreatif dan inovatif agar masyarakat tetap setia pada angkot di tengah berbagai macam perubahan perkembangan zaman yang semakin canggih.

Inovasi tersebut baik dari pemilik angkot maupun dari pemerintah yang mendorong sehingga inovasi tersebut dapat berjalan. Inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang mana bisa membuat angkot berubah menjadi angkot online seperti grab dan gojek.

Dengan menggunakan teknologi dapat mempermudah penumpang dalam mencari angkot yang mana nanti jalur angkotnya disesuaikan dengan trayeknya. Trayek sendiri adalah lintasan kendaraan umum untuk pelayanan jasa angkutan yang mempunyai asal dan tujuan perjalanan tetap,  lintasan tetap dan jadwal tetap maupun tidak terjadwal.

“Maka dari itu dengan perkembangan teknologi yang semakin maju diharapkan angkot dapat berinovasi dengan memanfaatkan teknologi seperti angkot online,” ujarnya.

Selain itu, peremajaan angkot juga sangat diperlukan terutama bagian fasilitas seperti  angkot ber-AC ataupun dengan melengkapi pelayanan fasilitas  Wifi gratis dan musik. Apabila angkot sudah aman, nyaman dan murah juga dapat membuat masyarakat kembali menggemari angkutan tersebut sehingga angkot tidak tergerus oleh zaman.

“Angkot dengan inovasi yang bagus maka akan menarik minat masyarakat untuk  naik angkot lagi, angkot kan jelas trayeknya jadi manfaatkan teknologi,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk terminal juga harus diaktivkan kembali yang mana saat ini terminal di Kota Bengkulu tidak aktif lagi. Padahal, banyak permintaan dari supir angkot ataupun supir travel yang meminta tempat ngetem yang layak. Selama ini supir angkot dan supir travel ngetem di pinggir jalan sembari menunggu penumpang.

Maka dari itu pihaknya meminta dinas terkait dapat membuat terminal menjadi tempat yang diminati masyarakat dengan inovasi baru seperti tempat jajanan,taman ataupun yang dapat menarik masyarakat.  “Hal itu sudah disampaikan ke Dishub Kota, Itu dikarenakan inovasi tersebut sangat bagus untuk membangun dan mengaktifkan kembali terminal yang sudah tidak aktif,”pungkasnya.(cw1)

Berita Lainnya

Pemprov Kaji Peluang Rekrut CPNS dan PPK

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengkaji kemungkinan untuk merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ...

error: Content is protected !!