Jumat , 26 April 2019
Home / Breaking News / Di Lapas, 251 DPTb Tak Ada Surat Suara

Di Lapas, 251 DPTb Tak Ada Surat Suara

INDONESIA MEMILIH : Suasana pemilihan umum di Lapas Bentiring Kota Bengkulu, Rabu (17/4). (foto : arul/rb)

BENGKULU – Pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) juga dirasakan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkulu. Di Lapas Bentiring tercatat dari 89 daftar pemilih tetap (DPT) dan 251 masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Akan tetapi petugas KPPS yang ada di Lapas ini sempat kebingungan lantaran surat suara yang ada di sampaikan ke TPS hanya untuk 89 DPT ditambah 2 persen hingga jumlahnya sebanyak 91 lembar sura suara. Sementara untuk 251 pemilih yang masuk dalam DPTb  tidak tersedia surat suaranya.

“Setelah kami buka dalam kotak suara yang masih tersegel hanya 89 surat suara + 2 persen hingga jumlahnya sebanyak 91 surat suara,” kata Ketua KPPS 21 Lapas Kelas IIA Bengkulu, Dadang Suherlan ditemui di lokasi TPS.

Atas hal itu, petugas KPPS sempat meminta bantuan KPU Kota Bengkulu hingga tibalah Komisioner KPU, Romi Sugara, S.Sos yang menjelaskan jika untuk tidak adanya surat suara untuk pemilih yang termasuk dalam DPTb, solusinya surat suaranya akan dipinjam ke TPS-TPS untuk kemudian dibawa ke Lapas Bengkulu.

“Jumlah DPTb ada 251 orang dan sudah kami sebarkan untuk 32 TPS. Mekanismenya masing-masing TPS kita ambil 10 surat suara dibawa pakai sampul dan dibawa oleh 1 atau 2 orang KPPS ditambah saksi dan Panwas, dibawa ke Lapas kemudian melakukan pencoblosan. Setelah dilakukan pencoblosan dimasukkan ke dalam sampul dan dikembalikan ke TPS asal,” jelas Romi. (zie)

Berita Lainnya

#Cari_aman Dulu, Baru Naik Motor

BENGKULU – #Cari_aman baru naik motor merupakan tema yang diangkat oleh Safety Riding Astra Motor ...

error: Content is protected !!