Kamis , 25 April 2019
Home / Berita utama / Seribu Hektar Sawah Gagal Panen

Seribu Hektar Sawah Gagal Panen

MUKOMUKO- Kabid Pertanian dan Hortikultura Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Wahyu Hidayat, S.Hut mengungkapkan, sekitar seribu hektar padi sawah musim tanam 2018 lalu gagal panen, akibat serangan hama. Tersebar diareal persawahan di beberapa kecamatan. Selain itu tidak dalam masa satu waktu masa tanam (MT). “Tanaman padi yang tidak produksi itu tersebar. Contohnya satu petani punya lahan 2 hektar, yang diserang hama hanya seperempat hektar. Dan setiap kelompok tani, luasanya bervariasi,” kata Wahyu.

Dijelasnya, sepanjang tahun 2018 luas tanam padi sawah di Kabupaten Mukomuko mencapai 15.204 hektar. Dari jumlah itu, yang berhasil panen hanya sekitar 14.302 hektar dengan produksi setahun mencapai 84.443 ton gabah.

Meskipun cukup luas yang gagal produksi, petani padi sawah tidak mengalami kerugian. Masih mendapatkan keuntungan. Dikarenakan harga gabah kering yang masih sangat stabil selama 2018. “Kalau rugi tidak. Petani masih mendapatkan keuntungan yang lumayan dari hasil produksi dan di jual,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, setiap tanaman khususnya tanaman padi sawah dipastikan ada hama yang menyerang. Tinggal lagi bagaimana petani cepat tanggap, mengatasi hingga melaporkan serangan hama. Sehingga dapat segera ditangani, dan tidak menyebar ke lokasi tanaman lain.  “Hama tidak bisa dihindar, tapi dapat dilakukan pencegahan. Bisa diberikan obat dan disemprot. Jadi petani harus lebih sigap, sesegera mungkin dilaporkan ke pihak terkait. Sehingga segera dilakukan antisipasi dan pencegahan,” sampainya.(hue)

Berita Lainnya

Rancang Pemungutan Suara Ulang

BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) merancang pemungutan suara ulang (PSU) serentak di sejumlah daerah ...

error: Content is protected !!