Senin , 22 Juli 2019
Home / Metropolis / Tes Tertulis Seleksi TPHD Usai Pemilu

Tes Tertulis Seleksi TPHD Usai Pemilu

BENGKULU – Tahapan seleksi calon anggota Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Provinsi Bengkulu dilanjutkan usai pemilu. Pendaftaran sudah ditutup sejak seminggu lalu dengan jumlah pelamar ada 55 orang dari kabupaten/kota. Bagi yang lulus seleksi berkas administrasi persyaratan bisa melanjutkan ke tahapan tes tertulis uji kompetensi.

“Pemkesra masih sibuk menghadapi Pemilu. Nanti tahapan kita lanjutkan usai Pemilu 17 April,” kata Ketua Tim Seleksi (Timsel) Petugas Haji Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri saat ditanya perkembangan tahapan seleksi TPHD yang masih stagnan.

Lanjutnya, ada 55 pelamar calon TPHD. Paling banyak diminati formasi pelayanan umum, yaitu ada 30 pelamar. Kemudian 20 pelamar tenaga kesehatan, dan 5 pelamar pembimbing ibadah. Berkas persyaratan ke-55 pelamar ini masih akan diverifikasi kembali. Bagi yang memenuhi persyaratan administrasi baik persyaratan umum maupun khusus akan mengikuti uji kompetensi kemampuan akademik.

“Jadwal tes tertulis masih kita susun, nanti rencananya kita umumkan sekaligus dengan peserta yang lulus seleksi administrasi,” jelas Hamka.

Dari 55 pelamar ini, sambungnya, akan diambil 11 orang karena kuota TPHD Provinsi Bengkulu hanya ada 11 orang. Meliputi 3 formasi, yaitu 4 orang dibutuhkan untuk pelayanan umum, 4 orang pelayanan bimbingan ibadah, dan 3 orang pelayanan kesehatan.

“Seleksinya nanti per formasi yang dipilih oleh masing-masing peserta. Syarat khusus yang harus dimiliki atau dikuasi peserta juga berbeda untuk setiap formasinya,” bebernya.

Ditambahkan Ketua MUI Provinsi Bengkulu yang juga anggota timsel Prof. Dr. Rohimin, M.Ag, anggota TPHD tahun ini akan lebih diutamakan bagi yang belum pernah menjadi petugas haji. Selain itu juga diutamakan  bagi yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji. Mengingat tugas TPHD ini nantinya akan melayani, mendampingi jemaah calon haji dari Bengkulu selama di Tanah Suci.

“Peserta seleksi berpeluang untuk terpilih selama memenuhi persyaratan, baik persyaratan umum maupun khusus. Di tahapan wawancara nanti juga akan ada tes bacaan Alqurannya,” demikian Rohimin. (key)

Berita Lainnya

Stok Banyak, Harga Cabai Mulai Turun

BENGKULU – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Bengkulu mulai mengalami penurunan. Setelah ...

error: Content is protected !!