Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pembangunan IPLT Siap Dikerjakan Tahun 2020

Pembangunan IPLT Siap Dikerjakan Tahun 2020

TINJAU: Kepala DLHK Bengkulu Selatan Erwin Muchsin meninjau langsung lahan IPLT yang akan segera terwujud.

MANNA – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bengkulu Selatan pastikan perencanaan pembangunan Intalasi Pembuangan Limbah Tinja (IPLT) akan dibuat di dekat lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kayu Aghau, Manna. Kalau tidak ada kendala teknis, akan dikerjakan  tahun 2020.  Kepalaa Dinas DLHK Bengkulu Selatan, Erwin Muchsin S.Sos, mengatakan  setelah adanya pembebasan lahan untuk area pembangunan IPLT tahun 2018 di desa Padang Gilang Kecamatan Manna, maka tahun 2020 pekerjaan fisi mulai dilakukan.

Selama ini tak jelas kemana larinya penampungan limbah yang ada. Jadi masyarakat membuang sampah sembarangan. ‘’Kini lahannya sudah dikerjakan tinggal realisasinya. Tahun 2020 pekerjaan fisiknya,” terang Erwin.

Lebih lanjut dikatakan Erwin, saat ini pihaknya sedang siapkan pembuatan Detail Engineering Design (DED)-nya. Pembangunan IPLT ini, adalah bantuan dari Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya RI.

‘’Masalah anggarannya kita belum tahu. Tapi yang jelas bersumber dari APBN. Tugas kita hanya persiapkan lahan dan DED-nya,” ujar Erwin.

Pengelolaan limbah tinja, bertujuan mengurangi tingkat pencemaran akibat limbah tinja. Mengingat limbah tinja cukup berbahaya bagi lingkungan khususnya mempengaruhi kualitas air.

“Manfaat limbah tinja yang diolah hingga jadi lumpur, dapat digunakan untuk pembuatan kompos untuk budidaya pertanian. Dampak lain dengan ada pengelolaan limbah tinja bisa meningkatkan kualitas lingkungan, khususnya kualitas air,” demikian Erwin.(tek)

 

Berita Lainnya

Ada Oknum Minta Bayaran, Laporkan

KOTA MANNA –Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengimbau masyarakat untuk melapor bila ada ...

error: Content is protected !!