Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Metropolis / Pertimbangkan Kenaikan Gaji Ketua RT

Pertimbangkan Kenaikan Gaji Ketua RT

Helmi Hasan

BENGKULU – Tuntutan kenaikan gaji Ketua RT/RW se-Kota Bengkulu dari Rp 500 ribu perbulan menjadi Rp 1 juta mendapat perhatian dari Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE. Disampaikan Helmi, bahwa kenaikan gaji ketua RT tersebut akan dibahas bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

“Ya terkait ada yang mengusulkan kenaikan gaji itu (Ketua RT) kita akan bahas bersama dulu. Kita lihat kemampuan anggarannya. Yang jelas pemerintah kota akan memikirkan hal itu,” tegas Helmi.

Menurut Helmi, pihaknya masih akan melihat dahulu anggaran kebutuhan para Ketua RT/RW tersebut terkait usulan kenaikan gaji dalam APBD Perubahan atau APBD mendatang.

“Kita akan kaji dulu, karena menyangkut soal anggaran. Sebab mengingat jumlah RT/RW se-kota ini jumlahnya banyak membutuhkan anggaran lumayan. Nanti setelah kajiannya dan hitungannya yang pas, bisa jadi kita pertimbangkan (kenaikan gaji),” terang Helmi.

Sementara itu, Ketua RT 2 Kelurahan Jalan Gedang Supratman, S.Sos menuturkan, dengan melihat kondisi sekarang ini, sebagai Ketua RT tugas yang dijalankan dirinya cukup lumayan banyak dalam membantu pengurusan pelayanan administrasi masyarakat. Mulai dari pembuatan surat pengantar miskin, pengantar pembuatan KTP, pengantar pembuatan izin usaha, pengantar untuk nikah dan sebagai macamnya.

“Apalagi dalam melayani masyarakat juga kita sangat dilarang meminta pungutan. Sementara disisi lain anggaran kita yang dikeluarkan sangat terbatas sekali. Makanya kita berharap pemkot menaikkan gaji kami, karena kami ini merupakan ujung tombak dari pemerintah,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Supratman, dalam bekerja disatu sisi tanggungjawab yang diemban sebagai ketua RT sangat besar terutama menjaga lingkungan sekitar warga, agar tetap aman kondusif dari tindakan kriminalitas.

“Kalau dilihat sepintas memang kerja Ketua RT ringan. Namun bisa lihat sendiri, kalau ada apa-apa yang pertama dicari itu adalah Ketua RT. Sebab tugas kita bukan hanya melayani masyarakat saja, tetapi juga melindungi agar lingkungan kita tetap aman dari tindakan kejahatan manapun,” tuturnya.(new)

Berita Lainnya

Resmi Dilantik, Anggota DPRD Kota Bengkulu Diminta Bersinergi dan Kerja Profesional

BENGKULU–  Pasca Pemilu Presiden RI dan Legislatif, termasuk Pemilihan Legislatif DPRD Kota Bengkulu 17 April ...

error: Content is protected !!