Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 35,6 Ribu Warga BU Golput

35,6 Ribu Warga BU Golput

REKAP SUARA: Aktivitas di Kantor KPU Bengkulu Utara, Jumat (19/4) yang masih melakukan scanner C1. (foto: dok/rb)

ARGA MAKMUR – KPU Bengkulu Utara (BU) selesai melakukan rekap di seluruh TPS di 19 kecamatan di BU. Namun dari data yang masuk dan laporan penyelenggara di TPS dan kecamatan, masyarakat yang tidak datang ke TPS alias Golongan Putih (Golput) berkisar antara 35,6 ribu atau sekitar 17 persen dari total 209.823 warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Tak hanya pemilih yang tidak datang ke TPS, surat suara yang batal baik itu tidak dicoblos, dicoblos lebih dari satu ataupun di luar gambar nama Caleg ataupun gambar Presiden dan DPD juga cukup banyak yakni di atas 5 ribu.

Ketua KPU BU, Roges Mawasyah, SE, ME menuturkan, jika target KPU jumlah pemilih 83 persen bisa tercapai. Mengenai besarnya surat yang tidak sah mencapai lebih dari 5 ribu hal itu menjadi hak pemilih namun sudah datang ke TPS.

“Ada memang pemilih yang mungkin hanya memilih DPRD namun tidak DPD dan Presiden atau sebaliknya. Namun mereka sudah datang ke TPS dan menyalurkan hak pilihnya,” terangnya, kemarin (19/4).

Ia mengakui sangat sulit untuk menembus angka 90 persen. Jumlah angka partisipasi 83 persen, bukan hanya dari warga yang masuk dalam DPT namun juga dari warga yang datang memilih namun dengan menggunakan e-KTP lantaran mereka tidak masuk dalam DPT.

“Jumlah partisipasi tahun ini cukup besar. Kita di 83 persen itupun berkat sosialisasi yang kuat dari KPU,” katanya.

Kini KPU BU masih melakukan penghitungan dengan cara scan C1 dari tiap TPS. Ia juga belum bisa memastikan siapa partai pemenang Pemilu, siapa presiden terpilih di BU.

“Besok (hari ini, red) pleno kecamatan, dari sana kita bisa menjumlahkan perolahan suara baik partai maupun calon jika memang pleno kecamatan sudah selesai,” tutupnya.(**)

Berita Lainnya

Masuk DPO, Perburuan Eks Kades Berlanjut

ARGA MAKMUR – Hampir dua bulan Jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara (BU) melakukan pencarian ...

error: Content is protected !!