Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / DD Harus Cair Sebelum Ramadan

DD Harus Cair Sebelum Ramadan

Haryadi

ARGA MAKMUR – Sekda Bengkulu Utara (BU), Dr. Haryadi, MM, M.Si meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan seluruh kecamatan turun ke desa-desa. Hal ini untuk memastikan  jika semua desa segera melaksanakan pengajuan Dana Desa (DD) tahap satu.

Haryadi menuturkan, jika saat ini baru 8 desa yang sudah menerima DD. Hal ini bukan karena keterlambatan melainkan karena perubahan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) sesuai Permendagri. Sehingga baik kecamatan maupun Dinas PMD harus turun membantu percepatan pencairan.

“Jangan sampai pembanguann di desa terhambat, karena pengaruhnya besar,” katanya, Jumat (19/4).

Ia menargetkan sebelum Ramadan seluruh desa sudah harus mencairan DD. Sehingga saat libur Lebaran nantinya pekerjaan sudah bisa di atas 40 persen dan pencairan tahap dua tetap bisa dilakukan tepat waktu yakni pada Juli atau paing lambat September.

“Kalau nanti tahap satu baru dicairkan setelah Lebaran, maka pencairan berikutnya akan terhambat. Kalaupun saat Ramadan, pelaksanaan pembangunan tidak maksimal, karena pembangunan tahap satu lebih banyak pembangunan fisik,” terangnya.

Ditambahkannya, DD juga berpengaruh langsung pada kondisi ekonomi masyarakat. DD bukan hanya terkait dengan Penghasilan Tetap (Siltap) atau honor perangkat desa namun juga ada beberapa kegiatan yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

“Jika DD berjalan maka ada pekerjaan yang mendapatkan upah, ada belanja yang dilakukan. Ada kegiatan untuk menunjang ekonomi masyarakat. Makanya sekarang saya minta semuanya dipercepat,” pungkas Haryadi. (**)

Berita Lainnya

BPOM Temukan Makanan Kedaluwarsa Masih Dijual

ARGA MAKMUR – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu kembali melakukan pemeriksaan, Selasa ...

error: Content is protected !!