Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Musim Hujan, Waspada DBD

Musim Hujan, Waspada DBD

FOGGING: Upaya penanganan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) salah satunya dengan melakukan fogging. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Laporan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang masuk ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Tengah (Benteng) dalam 3 bulan terakhir, di periode Januari-Maret, sudah ada 57 kasus. Sementara untuk April masih dalam proses penghitungan, karena masih berjalan. Hal ini disampaikan Kasi Penanganan Penyakit Menular Dinkes Benteng, Idham Kholid, SKM, Jumat (19/4). “Hasil ini dikumpulkan dari data Puskesmas dan RSUD yang melayani pasien DBD,” jelasnya.

Namun, untuk kasus terakhir di Desa Karang Tinggi yang sudah ada 10 korban DBD patut diwaspadai. Penduduk desa tersebut cukup padat yakni mencapai 1.600 jiwa. Namun untuk penanganan, Dinkes Benteng mengalami kendala pada anggaran. Makanya, setiap ada laporan terbaru kasus DBD, bagi warga yang mengajukan fogging harus melakukannya secara swadaya untuk biaya operasional pelaksanaan fogging tersebut.

“Tahun 2019 ini anggaran untuk fogging minim sekali, karena tidak diakomodir dalam pembahasan APBD untuk Dinkes Benteng di akhir tahun 2018 lalu. Meskipun pihak Dinkes Benteng juga sudah berupaya meyakinkan bahwa anggaran sangat dibutuhkan, namun tetap saja tidak terealisasi untuk tahun 2019 ini,” sesalnya.

Berbeda dengan tahun 2018 lalu, yang masih bisa mendapatkan anggaran mencapai Rp 40 juta untuk setahun. Namun tidak demikian untuk tahun 2019 ini yang sama sekali tidak ada anggarannya.

Pjs. Kades Karang Tinggi, Toni Effriadi meminta agar pemerintah melalui instansi yang menangani bidang kesehatan bisa lebih giat lagi dalam memantau dan mewaspadai DBD. Seperti kasus di desanya, merupakan korban terbanyak dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah penduduk yang terus bertambah, tentunya memberikan peluang untuk kepadatan penduduk. Hal ini dapat menjadi salah satu hal yang bisa memberikan peluang untuk nyamuk DBD berkembang biak dengan cepat. “Mungkin petugas kesehatan bisa lebih giat turun ke lapangan memantau bahaya DBD di musim hujan,” harap Toni. (vla)

Berita Lainnya

Badan Anggaran Dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Mulai Bahas Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara

BENTENG – Badan Anggaran DPRD Benteng dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Selasa (22/10) mulai membahas ...

error: Content is protected !!