Senin , 20 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Tiga Parpol Minimal Mendapat Dua Kursi

Tiga Parpol Minimal Mendapat Dua Kursi

PANTAU: Kapolres Mukomuko dan Dandim 0428/Mukomuko saat memantau kondisi terkini di PPK usai penghitungan di tingkat TPS. (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Setidaknya ada tiga partai politik (Parpol) yang menimal mendapat dua kursi DPRD Mukomuko periode 2019-2024. Masing-masing Partai Golkar, PDIP dan Partai Demokrat. Itu dilihat dari hasil penghitungan sementara surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko.

Dilihat dari C1 yang dikumpulkan dari lima kecamatan, Air Dikit, Kota Mukomuko, Penarik, Teras Terunjam dan V Koto, ketiga Parpol ini berpotensi mendapatkan suara terbanyak, dibandingkan dengan parpol lain. ‘’Tampaknya seperti itu, tapi inikan belum final. Nanti pastinya saat pleno KPU,’’ kata Ketua KPU Mukomuko, Irsyad.

Irsyad meminta parpol yang dimungkinkan gagal mendapat kursi tidak membuat gaduh, dapat menahan diri karena hasilnya belum final. Demikian juga dengan parpol yang berpeluang mendapatkan satu kursi. KPU telah melaksanakan tugas penghitungan surat suara secara transparan dan terbuka untuk umum.

Bagi masyarakat yang akan melihat secara langsung penghitungan maupun perolehan suara, Irsan menyarankan untuk datang langsung ke Sekretariat KPU Kabupaten Mukomuko. Di Sekretariat telah dipasang monitor besar untuk menampilkan hasil real count CI dari masing-masing kecamatan.

“Silakan saja jika mau melihat hasil perolehan penghitungan suara. Nanti masyarakat juga akan tahu mana saja parpol yang memiliki peluang bisa merebut 2 kursi dan parpol mana saja yang memungkinkan tidak mendapat kursi legislatif,’’ ujarnya.

Sementara itu dari data yang ada juga, diprediksi empat Parpol mendapatkan suara paling sedikit. Diantaranya, Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak 6 suara, Partai Solidaritas Indonesai (PSI) sebanyak 12 suara, Partai Garuda sebanyak 21 suara, dan Partai Berkarya sebanyak 26 suara.

“Sekali lagi saya tegaskan ini belum final. Nanti kalau penghitungan suara di 15 kecamatan selesai baru akan kita ketahui berapa masing-masing parpol dapat suara. Begitu juga parpol mana yang paling unggul, dan parpol mana saja yang paling sedikit suaranya,” jelasnya.

Suara sementara masing-masing parpol, PDI Perjuangan mendapatkan 1.322 suara, Partai Demokrat sebanyak 1.224 suara dan Partai Golkar sebanyak 1.031 suara. (lengkap lihat grafis). “Jika 10 kecamatan lainnya nanti selesai dilakukan penghitungan, kami pastikan jumlahnya akan lebih banyak lagi. Tapi kami juga tidak bisa berandai-andai, berapa suara paling banyak yang bakal didapatkan oleh masing-masing parpol ini,” sampainya.

Terkait klaim sejumlah parpol meyakini mendapat kursi berdasarkan hasil penghitungan saksi yang mereka sebarkan di seluruh TPS, Irsyad mempersilahkan saja. Namun ia menegaskan, yang jadi pedoman hitungan di KPU Mukomuko. KPU masih menyelesaikan tugas rekapitulasi perolehan suara, sebelum digelarnya pleno. Rekapitulasi itu butuh waktu dua hingga tiga hari ke depan.

“Saat ini petugas kami masih melakukan rekapitulasi data. Tidak mungkin selesai hari ini. Paling tidak butuh dua sampai tiga hari,” kata Irsyad.

Diakuinya, proses rekapitulasi tidak ada kendala berarti. Semua sudah dilakukan sesuai prosedur. Hanya saja, ia tidak menampik beberapa kali website resmi KPU sempat down. Sehingga masyarakat tidak dapat melihat pergerakan perolehan suara. “Sementara baru selesai enam kecamatan. Tadi web sempat down lagi,’’ kata Irsyad.

Untuk proses scan C1, hingga sore kemarin, sudah mencapai 90 persen. Masih ada 13 TPS yang belum mengirim. Yakni dari Kecamatan Teramang Jaya, Kota Mukomuko dan Lubuk Pinang. Alasan keterlambatan, karena masih dalam proses pesalinan data C1. Meskipun data yang telah masuk sudah mencapai 93 persen, namun untuk data yang sudah selesai di entri baru sekitar 80 persen.

“KPU terkendala di pengentrian data ke pusat. Karena server sering down, akibatnya pengenterian data terganggu. Tapi ini tidak jadi persoalan, karena masih bisa di tuntaskan untuk sementara ini,’’ demikian Irsyad. (hue)

Berita Lainnya

Soal Buaya, Warga Minta Bantuan Gubenur

PONDOK SUGUH – Masyarakat Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko meminta Gubernur Bengkulu Dr. H Rohidin ...

error: Content is protected !!