Rabu , 11 Desember 2019
Home / Metropolis / Aktifkan Lagi Sentral Pasar Tanjung Gemilang

Aktifkan Lagi Sentral Pasar Tanjung Gemilang

TERBENGKALAI: Keberadaan Pasar Tanjung Gemilang di kawasan Bentiring tak kunjung berfungsi. Bahkan sejumlah aset bangunannya terlihat terbengkalai. (foto : wahyu/rb)

BENGKULU – Keberadaan Pasar Rakyat Tanjung Gemilang yang berada di kawasan Bentiring, yang merupakan aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tersebut sampai saat ini masih dibiarkan terbengkalai. Hal ini menjadi sorotan kalangan DPRD kota lantaran kurangnya perhatian dari Pemkot Bengkulu.

Wakil Ketua III DPRD Kota Bengkulu, Rena Anggraini, SP meminta agar Pemkot  segera memanfaatkan Pasar Tanjung Gemilang tersebut. “Sebaiknya aset milik pemkot Pasar Tanjung Gemilang itu segera dihidupkan kembali. Sebab kawasan itu sangat strategis sekali untuk membangkitkan roda perekonomian. Mengingat jarak kawasan pasar minggu dan lainnya jauh. Sehingga bila Pasar Tanjung Gemilang itu aktif, maka masyarakat sekitar sangat terbantu,” terang Rena.

Menurut Rena, Pemkot segera melakukan pembenahan total terhadap sejumlah aset yang terbengkalai dan banyaknya sejumlah aset bangunan gedung yang tidak dimanfaatkan baik oleh pemerintah kota. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian serius bagi pemkot untuk lebih berbenah.

“Ya salah satu contohnya seperti pasar tanjang gemilang ini, kita lihat belum dimanfaatkan dengan baik. Padahal sudah banyak uang yang dihabiskan untuk pemeliharaan bangunan tersebut. Ini tentu menjadi perhatian kita bersama, bahwa sejumlah asset pasar juga harus diselamatkan” tambahnya.

Senada disampaikan Anggota DPRD kota lainnya, Heri Ifzan mengungkapkan, bahwa aset pemerintah kota yang sangat penting dimanfatkan demi kepentingan umum seperti kawasan pasar tradisional.

“Ya tidak hanya pasar tanjung gemilang yang terbengkalai saat ini untuk segera dimanfaatkan. Namun seperti pasar barukoto I yang kondisinya juga memperhatinkan itu perlu diperhatikan pemerintah untuk membangkitkan gairah perekonomian masyarakat sekitar,” bebernya.

Selain itu lanjut Heri, sebaiknya dalam penataan pasar tersebut, pemkot segera mengkonsep atau menata bangunannya dengan melakukan perehaban menyeluruh.  “Karena jika seluruh pasar dimanfaatkan dengan baik, tentu akan nampak geliat perekonomian di Kota ini. Sekarang lihat sendiri kondisinya mati suri, jadi mana ada orang yang mau datang ramai-ramai ke pasar barukoto atau pasar tanjung gemilang itu” jelasnya.

Seperti diketahui, kondisi Pasar Tanjung Gemilang Bentiring Indah Kota Bengkulu yang berlokasi di Bentiring kondisi kian memperhatinkan. Bahkan Pasar yang dibangun era zaman mantan Walikota H. Ahmad Kanedi tahun 2010 lalu menghabiskan dana sekitar Rp. 750 juta, hingga sekitar enam tahun lamanya tidak ada aktivitas jual beli di pasar tersebut.

Padahal sejak pertama beroperasi tahun 2011 lalu, Pasar yang dikelola oleh LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Bentiring itu pernah menjadi pasar andalan warga sekitar lantaran kondisi pasar berada dekat di kawasan pemukiman warga. Bahkan dari pantauan RB, mirisnya lagi kawasan Pasar itupun malah beralihfungsi jadi tempat penyimpanan gudang barang.(new)

Berita Lainnya

Pemprov Bengkulu ‘Jemput Bola’ Terkait Penuntasan Kawasan TWA

BENGKULU– Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah mengatakan akan segera berkoordinasi ke Kementerian Kehutanan Republik Indonesia ...

error: Content is protected !!