Rabu , 11 Desember 2019
Home / Berita utama / Golkar Diprediksi Kembali ke Senayan

Golkar Diprediksi Kembali ke Senayan

SITUNG: Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto dan Emex Verzoni memantau penghitungan suara Pemilu 2019 di Pusat Entry Data KPU Provinsi Bengkulu, Sabtu (20/4). (foto : yunike/rb)

BENGKULU – Kursi DPR RI Dapil Provinsi Bengkulu yang hilang pada Pemilu 2014 lalu bakal kembali diraih Partai Golkar. Berdasarkan real count Tim Litbang RB dan KPU hingga pukul 23.00 WIB tadi malam, suara Partai Golkar masih membayangi PDIP yang memimpin perolehan suara tertinggi untuk DPR RI.

Dengan raihan suara di posisi kedua ini, dipastikan 1 kursi DPR untuk Golkar sangat berpeluang besar. Hingga tadi malam, PDIP masih memimpin dengan 35.631 suara, Golkar 32.701 suara, Partai Gerindra 32.227 suara dan Partai NasDem 31.118 suara. Dari perolehan suara sementara, keempat parpol tersebut yang kemungkinan besar bakal mengisi 4 kursi DPR RI.

Namun, perebutan empat kursi DPR RI daerah pemilih (dapil) Provinsi Bengkulu ini suaranya masih terus kejar mengejar. Terutama untuk raihan kursi keempat, dimana suara Partai NasDem masih dibayangi suara PAN dan PKB. PAN mengejar dengan 28.787 suara dan PKB menyusul dengan 27.353 suara.

Menyikapi hasil perolehan suara Golkar ini, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan untuk hasil resmi dirinya masih menunggu pengumuman resmi dari KPU. Namun bila mengacu pada penghitungan internal partai, hasil real count KPU dan Tim Litbang RB tersebut tidak jauh berbeda dengan perhitungan internalnya.

Rohidin optimis perolehan suara parpolnya bisa menempatkan wakilnya di Senayan dan di DPRD Provinsi Bengkulu dari setiap Daerah Pemilihan (Dapil), maupun di DPRD Kabupaten/Kota. Bahkan Rohidin juga yakin Golkar bisa meraih kursi pimpinan di DPRD Provinsi Bengkulu, karena dari hasil penghitungan internalnya Golkar diperkirakan berhasil menempatkan wakilnya di masing-masing dapil DPRD Provinsi Bengkulu.

“Dari awal saat kita menyiapkan DCT memang sudah kita tempatkan orang-orang yang berpotensi mendapatkan suara. Mudah-mudahan hasil resminya nanti tidak jauh berbeda dengan hitungan internal kita,” kata Rohidin.

Sementara itu menanggapi PAN yang terancam kehilangan kursi di Senayan dari hasil perhitungan sementara, Panglima Pemenangan PAN Provinsi Bengkulu Dempo Xler tetap optimis perolehan suara PAN tetap bisa menempatkan perwakilan parpolnya di lembaga legislatif DPR RI. Hal itu mengacu pada perhitungan internalnya yang sampai saat ini terus merekapitulasi perolehan suara PAN dari C1.

“Kita tunggu pengumuman resmi KPU. Perhitungan belum usai, baru 20 persen suara yang masuk di situng KPU karena itu kita tetap yakin PAN masih masuk 4 besar untuk melaju ke Senayan,” tandasnya.

Pleno 4 Mei

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto, M.Si mengatakan saat ini di beberapa kecamatan di Provinsi Bengkulu sudah melaksanakan pleno. Batas pleno di tingkat PPK ini tidak boleh melebih dari tanggal 4 Mei, karena itu pihaknya mengizinkan bagi PPK untuk menggelar pleno secara paralel, membagi per TPS. Sedangkan untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU) akan dilaksanakan di 2 TPS yaitu di Kota Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko. PSU dilaksanakan karena ada kesalahan teknis di panitia penyelenggara, bukan karena kesalahan perhitungan. Seharusnya pemilih yang menggunakan e-KTP tidak di TPS sesuai dengan alamat identitas pemilih harus melampirkan form A5 (pindah memilih).

“Untuk PSU di TPS Kota Bengkulu dilaksanakan 24 April. Di Mukomuko belum dijadwalkan tapi tidak boleh lebih dari 10 hari setelah hari pemungutan suara 17 April lalu,” terang Eko.

Ditambahkan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni, hasil resmi pemenang pemilu itu adalah berdasarkan pengumuman resmi dari KPU yang dihasilkan dari setiap tahap rapat pleno secara berjenjang. Mulai dari penghitungan suara di tingkat TPS, lalu rapat pleno tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pleno tingkat kabupaten/kota oleh KPU kabupaten/kota, dan terakhir pleno tingkat provinsi oleh KPU Provinsi Bengkulu.

“Untuk proses penginputan C1 ke aplikasi Situng KPU RI Bengkulu sementara ini paling cepat. Pemenang pemilu, kita tunggu saja pengumuman resmi KPU nanti,” pungkas Emex.

Sultan Masih Bertahan

Sementara itu, berdasarkan real count Harian Rakyat Bengkulu kejar mengejar suara juga terjadi pada perolehan suara sementara calon anggota DPD RI antara Sultan B Najamudin dengan Hermen Malik dan Ahmad Kanedi. Sementara ini perolehan suara tertinggi masih diraih Sultan B Najamuddin dengan perolehan suara 47.329, disusul Hermen Malik dengan perolehan 40.249 suara, Ahmad Kanedi dengan 33.134 suara, dan Eni Khairani dengan perolehan 27.835 suara, dikejar Riri Damayanti dengan 26.742 suara. “Hasil perhitungan sementara internal kita, Pak Hermen memang masih masuk 4 besar,” kata Sigit jubir Hermen Malik.(key)

Berita Lainnya

Leher Mahasiswi Unib, Wina Mardiani Dijerat dengan Tali Nilon Hingga Tewas

BENGKULU– Hasil otopsi terhadap almarhumah Wina Mardiani (20) mahasiswi Unib yang ditemukan meninggal dikubur persis ...

error: Content is protected !!