Rabu , 11 Desember 2019
Home / Berita utama / NasDem vs PAN Saling “Kejar”

NasDem vs PAN Saling “Kejar”

PEREBUTAN kursi di DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Bengkulu kian ketat. Bahkan Partai Nasdem dan PAN saling kejar mengejar perolehan suara pemilih untuk mendapatkan kursi keempat. Berdasarkan real count KPU tadi malam, PAN berada diposisi keempat tersebut.

Bila posisi ini dipertahankan, maka partai berlambang matahari tersebut mengantarkan kembali ke Senayan. Sedangkan Partai NasDem berada di posisi kelima. Masih berpeluang mengejar. Sementara posisi teratas masih ditempati PDI Perjuangan 63.261 suara. Terpaut tipis dengan Gerindra 63.251 suara. Posisi ketiga ditempati Golkar dengan 61276 suara. (Lengkapnya lihat grafis)

Sementara itu pelaksanaan pleno rekapitulasi perhitungan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kota Bengkulu yang dimulai sejak Jumat (19/4) lalu, hingga kemarin (21/4) dari total 9 kecamatan belum ada yang tuntas proses pleno penetapan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, Zaini, SAg menuturkan, bahwa pleno di tingkat PPK kecamatan tersebut, KPU Kota saat ini juga belum mengetahui persis jumlah kelurahan yang sudah menuntaskan pleno perhitungan suara pada tingkat kecamatan.

“Dari 9 kecamatan yang melaksanakan pleno PPK itu, memang beberapa kelurahan sudah ada selesai. Namun belum ada keseluruhan yang tuntas. Diperkirakan pelaksanaan tuntas pleno dua hari kedepan. Mengingat di beberapa kelurahan itu jumlah TPS nya banyak,” kata Zaini saat ditemui kemarin.

Zaini mengaku, dalam pelaksanaan pleno ditingkat PPK tersebut pihaknya belum menerima laporan kendala yang berarti dalam rekapitulasi perhitungan suara pemilu pada tingkat kecamatan.  Namun menurutnya,  hanya saja lamanya proses penetapan pleno karena juga menampung sejumlah aspirasi yang disampaikan dari masing masing aksi peserta pemilu. “Ya ketika ada yang menyampaikan aspirasi atau pendapat dalam pelaksanaan pleno hal biasa. Yang jelas kita bekerja sesuai aturan yang berlaku,” jelas Zaini.

Sedangkan untuk jadwal pleno KPU kota, Zaini menambahkan, pihaknya menargetkan akan dilakukan pada, 3, 4 dan 5 Mei mendatang. “Harapan kita dalam pelaksanaan pleno ditingkat PPK dan KPU nanti tidak ada kendala yang berarti,” tuturnya.

Selain itu lanjut Zaini, meski dalam penghimpunan data yang dilakukan KPU Kota Bengkulu saat ini salinan C1 di 1007 TPS sudah diterima KPU. Namun dari total 1007 TPS ini, KPU kota baru mampu menghimpun data c1 sebanyak 6 persen ke website hitung langsung KPU RI. “Sebab  kendala yang dihadapi KPU kota dalam melakukan proses input data ini,  karena server yang susah terhubung di KPU RI. Sebab seluruh Indonesia juga mengakses jaringan tersebut,” jelasnya.

Disisi lain terkait soal pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 15 Kelurahan Rawa Makmur Permai  Kota Bengkulu, dikatakan Zaini, pihaknya sudah mempersiapkan pelaksanaannya yang dijadwalkan Rabu 24 April nanti. “Agar partisipasi pemilih tinggi dan tidak terjadi golput, maka KPU kota akan mengirimkan surat undangan langsung ke masyarakat ke TPS tersebut. Agar dapat kembali melakukan proses pencbolosan ulang. Dan total di TPS ini terdapat 203 jumlah mata pilih,” beber Zaini.

Zaini juga mengatakan, bahwa semua proses dan tahapan pencoblosan ulang sama saja dengan proses pencoblosan normal. “Termasuk soal masyarakat yang memiliki e-KTP dengan domisili di TPS bersangkutan juga yang termasuk memiliki A5 dapat mencoblos pada Pukul 13.00 WIB siang,” pungkasnya.(new)

Berita Lainnya

Leher Mahasiswi Unib, Wina Mardiani Dijerat dengan Tali Nilon Hingga Tewas

BENGKULU– Hasil otopsi terhadap almarhumah Wina Mardiani (20) mahasiswi Unib yang ditemukan meninggal dikubur persis ...

error: Content is protected !!