Senin , 16 September 2019
Home / YouthZ / Efek Positif Diet Plastik Jangka Panjang

Efek Positif Diet Plastik Jangka Panjang

MEMANG sih efek mengurangi penggunaan kantong plastik nggak langsung terasa. Tapi, kamu harus tahu bahwa manfaat mengurangi kantong plastik itu cukup besar loh. Dengan membiasakan diri mengganti plastik menggunakan bahan lain, kamu sudah berjasa besar untuk kondisi lingkungan di sekitarmu. Apa saja sih manfaat yang kamu hasilkan dengan menghemat penggunaan plastik? (home guides/earth first/tim)

 Mengurangi Limbah

Plastik memiliki rantai karbon yang panjang sehingga sulit terurai di tanah. Kamu bakal memerlukan waktu hingga ratusan bahkan ribuan tahun untuk memusnahkan satu kantong plastik. Nah, kalau nggak terurai, otomatis plastik yang kamu buang bakal menumpuk terus-menerus. Dengan menghemat pemakaian plastik, secara nggak langsung kamu udah mengurangi limbah plastik di lingkungan tuh. Eits, bukan cuma itu, kamu juga udah menyelamatkan ekosistem yang terganggu karena sampah plastik yang menumpuk.

 Mencegah Global Warming

Sering menyerukan bahayanya global warming, tapi masih pakai plastik kalau belanja di minimarket. Yah, sama aja dong? Sebab, proses produksi plastik hingga pembuangannya ternyata menghasilkan emisi karbon yang tinggi. Hal itu tentu berdampak terhadap perubahan iklim lantaran bumi makin panas. Hayo, siapa yang sering mengeluh kepanasan kalau siang hari?

 Menghemat Minyak Bumi

Tahu nggak bahwa salah satu bahan baku plastik adalah minyak bumi? Sekitar 8 persen sisa penyulingan minyak bumi dimanfaatkan untuk membuat plastik. Bayangin deh kalau jumlah penduduk makin bertambah, maka penggunaan plastik juga akan meningkat. Padahal, minyak bumi sebanyak itu seharusnya bisa disuling lebih lanjut untuk memperoleh minyak tanah atau bahan bakar kendaraan. Nah, langkah kecilmu untuk mulai mengurangi penggunaan plastik juga bakal berdampak terhadap penghematan konsumsi minyak bumi di dunia.

Berita Lainnya

Lindungi Bumi, Kurangi Limbah Plastik

YOUTHZ, setiap 22 April kita memperingati Earth Day atau Hari Bumi. Merupakan peringatan akan lahirnya ...

error: Content is protected !!