Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 2020, Berpeluang Cetak Sawah Baru

2020, Berpeluang Cetak Sawah Baru

LUAS: Lahan yang berpotensi bisa dijadikan lahan cetak sawah baru di Kabupaten Mukomuko masih cukup luas. (foto : peri/rb)

MUKOMUKO – Setelah tahun ini gagal mendapatkan kuota program cetak sawah baru, Kabupaten Mukomuko dijanjikan program yang terakhir dilaksanakan tahun anggaran 2018 itu. Program itu akan kembali dilanjutkan di bumi Kapuang Sati Ratau Batuah pada tahun anggaran 2020 mendatang.

Disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko, Heri Prastyono, S.STP, kembali adanya peluang program itu setelah melihat respon dari pemerintah pusat. Ditambah lagi kesiapan Pemkab Mukomuko dalam mendukung terwujudnya program swasembada beras.

“Usulan cetak sawah akan terus kami lakukan. Usulan kami sampaikan lebih dari 1.000 hektare sesuai data survei investigasi desain (SID). Sejauh ini kita cukup optimis di 2020 kembali diplotkan untuk Mukomuko,” kata Heri.

Adapun untuk lahan yang lebih banyak diusulkan mendapatkan program dimaksud yakni lahan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat. Termasuk di dalamnya lahan rawa, dan lahan semak belukar milik masyarakat. Khususnya lahan-lahan yang sudah ada bangunan jaringan irigasinya atau bekas jaringan irigasi yang bisa dibangun lagi. “Seluruhnya ini adalah lahan yang di sekitarannya itu sudah ada jalur jaringan irigasinya,” jelas Heri.

Heri membenarkan, hingga sekarang rencana cetak sawah baru tahun 2019 seluas 200 hektar di Mukomuko belum ada informasi terbaru. Kegiatan itu sementara ini batal karena anggaran melalui APBN belum direalisasikan. Tidak hanya untuk kabupaten Mukomuko saja, termasuk beberapa kabupaten di wilayah Indonesia juga mengalami hal yang sama. Namun pihaknya tetap berharap, bisa dialokasikan kembali melalui APBN Perubahan tahun 2019.

“Semoga di APBN Perubahan tahun ini ada evaluasi dan dialokasikan. Karena waktu kunjungan tim Mabes TNI AD dan Kementerian Pertanian memuji hasil kerja, realisasi kegiatan di Kabupaten Mukomuko,” terang Heri.(hue)

Berita Lainnya

Bupati: MPLS Tidak Ada Perpeloncoan

MUKOMUKO –Musim Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai berjalan kepada siswa baru. Baik SMA, SMK, ...

error: Content is protected !!