Senin , 27 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 58 Desa Belum Cairkan Dana Desa

58 Desa Belum Cairkan Dana Desa

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mukomuko menyebutkan masih ada puluhan desa yang belum juga mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar 20 persen. Termasuk pencairan alokasi dana desa (ADD).

Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan DPMD Mukomuko, Eka Purwanto mengaku tidak mengetahui persis alasan puluhan desa itu belum mengajukan permohonan pencairan. “Kalau jumlah pasti desa yang belum mengajukan dan mencairkan Dana Desa tahap pertama itu ada 58 desa,” ujar Eka.

Padahal sejak awal tahun yang lalu, sudah diingatkan supaya seluruh desa segera mempersiapkan permohonan pencairan. Dengan melengkapi semua persyaratan mulai APBDes, SPJ penggunaan Dana Desa tahun 2018, dan yang lainnya.

Namun nyatanya, sampai sekarang baru ada 90 desa yang mengajukan pencairan Dana Desa tahap pertama dan 58 desa lainnya belum juga mengajukan hingga sekarang ini.

Untuk puluhan desa yang belum mengajukan pencairan Dana Desa tahap pertama, lanjut Eka, bisa saja mereka belum selesai membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa tahan 2018. Atau belum rampung membuat APBDes sebagai acuan penggunaan Dana Desa tahun 2019 ini.

Sedangkan 90 desa yang sudah mengajukan pencairan Dana Desa tahap pertama, diketahui ada 73 desa yang sudah cair. Sedangkan 17 desa lagi sampai sekarang belum cair karena masih dalam proses di Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko. Juga ada yang sedang dalam proses perbaikan. “Untuk yang proses perbaikan, ada 2 desa. Berkasnya sudah dikembalikan, dan sekarang masih dalam proses perbaikan,” sebutnya.(hue)

Berita Lainnya

Tidak Bayar THR, Segera Laporkan

MUKOMUKO – Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja ...

error: Content is protected !!