Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Berita utama / MA Tolak Kasasi Terpidana Korupsi Jalan Enggano

MA Tolak Kasasi Terpidana Korupsi Jalan Enggano

BENGKULU – Upaya hukum yang dilakukan salah satu terpidana korupsi Jalan Enggano Kabupaten Bengkulu tahun 2016, Lie Eng Jun pupus sudah setelah Mahkamah Agung menolak pengajuan kasasi yang diajukan terpidana. Dengan demikian memperkuat putusan pengadilan tinggi (PT) Bengkulu yang memvonis Lie Eng Jun selama 12 tahun kurungan penjara dan denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan.

Selain itu, Lie Eng Jun juga dibebankan membayar uang pengganti (UP) sebesar Rp 5,9 miliar. Kasi Penkum Kejati Bengkulu, Marthin Luther, SH, MH membenarkan telah turunnya putusan MK tersebut. “Salinan putusan kasasi dari Ma sudah kita terima dan yang bersangkutan sudah dilakukan eksekusi,” kata Marthin.

Diketahui, putusan kasasi dibacakan tanggal 19 Februari 2019 dengan nomor putusan kasasi 3218K/PID.SUS/2018. Petikan putusan kasasi dari MA tersebut berbunyi menolak permohonan kasasi dari terdakwa Lie Eng Jun. Majelis Hakim yang membacakan putusan kasasi Prof. Dr. Surya Jaya, SH, MHum selaku Hakim Ketua dan hakim anggota masing-masing, Prof. Dr. M. Askin, SH dan Dr. Leopold Luhut Hutagalung, SH,MH.

Sekadar mengingatkan, kasus korupsi proyek jalan Enggano tahun 2016 senilai Rp 17,5 miliar awalnya menjadi temuan dari BPK yang auditnya terindikasi negara dirugikan sebesar Rp 6,9 miliar. Atas hal tersebut kemudian dilakukan pengusutan oleh pihak Kejaksaan hingga akhirnya menetapkan 6 orang tersangka masing-masing Saifudin Firman, Tami Milani, Moja Asman, Lie Eng Jun, Samsul Bahri, dan Elvina Rapida. (zie)

Berita Lainnya

Resmi Dilantik, Anggota DPRD Kota Bengkulu Diminta Bersinergi dan Kerja Profesional

BENGKULU–  Pasca Pemilu Presiden RI dan Legislatif, termasuk Pemilihan Legislatif DPRD Kota Bengkulu 17 April ...

error: Content is protected !!