Sabtu , 16 November 2019
Home / Metropolis / Prediksi Hujan Hingga Besok, Waspada Banjir

Prediksi Hujan Hingga Besok, Waspada Banjir

MENDUNG: Curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda Kota Bengkulu sejak beberapa hari terakhir, tampak awan mendung yang menyelimuti Kota Bengkulu. (foto: yudi/rb)

BENGKULU –  Beberapa hari terakhir sebagian besar wilayah di Provinsi Bengkulu diguyur hujan. Hujan dengan intensitas menengah sampai tinggi tersebut mulai mengguyur Provinsi Bengkulu sejak Kamis (18/4) lalu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  Kelas I Pulau Baai Bengkulu mendata, bahwa curah hujan dengan intensitas menengah sampai tinggi merata terjadi di seluruh wilayah se-Provinsi Bengkulu.

Kasi Informasi dan Data BMKG Bengkulu, H. Sudiyanto S.P melalui Forecaster BMKG, Anang menjelaskan kenaikan curah hujan itu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor terjadinya curah hujan dengan intensitas tersebut karena adanya belokan angin sehingga kecepatan angin yang cepat jadi  melambat.

Angin tersebut bergerak dari  barat ke barat daya Samudera Hindia. Dimana di situ ada daerah tekanan rendah (low pressure) sehingga terjadilah hujan dengan intensitas menengah-tinggi dengan durasi yang lama. Hujan tersebut terjadinya juga tidak beraturan yakni terjadi ketika siang sampai dengan sore, ada yang sore sampai malam bahkan ada yang malam sampai dengan pagi.

Ia memperkirakan kejadian curah hujan tersebut biasanya dalam 2 atau 3 hari ke depan akan kembali normal. “Hujan dengan intentitas menengah-tinggi merata terjadinya se provinsi, biasanya beberapa hari kedepan sudah kembali normal cuacanya,” ujarnya.

Ia menambahkan, kejadian tersebut tidak termasuk musim hujan dikarenakan adanya belokan angin yang membuat terjadinya hujan. Terjadinya juga hanya sesaat untuk hujan dengan intensitas menengah sampai tinggi. Ia juga  mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kenaikan curah hujan tersebut.

Dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. “Ya masyarakat perlu waspada curah hujan seperti ini, banjir,tanah longsor, pohon tumbang dapat terjadi apabila cuaca seperti ini, untuk itu BMKG menghimbau masyarakat tetap waspada,” ujarnya. (cw1)

Berita Lainnya

Kakan Satpol PP Kota Janji Tertibkan Pedagang dengan Pendekatan Persuasif

BENGKULU– Pembenahan pasar-pasar yang ada di kota Bengkulu menjadi fokus utama pekerjaan Satpol PP Kota ...

error: Content is protected !!