Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 12 SMP dan 16 MTs Ikuti UNBK

12 SMP dan 16 MTs Ikuti UNBK

UNBK: Siswa SMPN 1 Mukomuko saat mengikuti UNBK, Senin (22/4). (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Sebanyak 63 SMP sederajat dan 147 (SD) sederajat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan  ujian nasional kertas dan pensil (UNKP), kemarin. Khusus untuk UNBK diikuti 12 SMP dan 16 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

“Hari pertama pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP dan SD di Kabupaten Mukomuko, terpantau lancar tanpa kendala,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko, Suranto, S.Pd.SD, Senin (22/4).

Ia langsung mengecek ke sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian nasional. Baik sekolah yang menyelenggarakann UNBK maupun sekolah yang masih melaksanakan UNKP. “Ke depan kita upayakan bertambah jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK. Kalau tahun ini baru 12 SMP,” ujarnya.

Kepala SMPN 1 Mukomuko, Ismardiani mengatakan, di SMPN 1 UNBK dilaksanakan sebanyak 3 sesi. Ini disesuaikan dengan kapasitas komputer dan perangkat pendukung lainnya yang tersedia. “Hal ini dilakukan mengantisipasi ketersediaan perangkat yang ada di SMP 1 ini,” kata Ismardiani.

Guna mencegah terjadinya gangguan listrik, pihaknya juga selama pelaksanaan UNBK menyiagakan mesin genset. Termasuk berkoordinasi dengan Telkom Mukomuko guna memastikan jaringan internet lancar. “Sejumlah langkah sudah dilakukan, sudah antisipasi bila saja terjadi kendala,” ujarnya.

Kepala Disdikbud Mukomuko, Winarto, S.Pd mengatakan terdaftar sebanyak 3.768 siswa peserta ujian nasional tahun ini. Terdiri 1.927 siswa putra dan 1.841 siswa putri. Namun tidak seluruhnya mengikuti UNBK. “Untuk sekolah yang sudah lengkap sarana dan prasarananya, melaksanakan UNBK. Tapi sekolah yang tidak lengkap, terpaksa melaksanakan UNKP,” jelasnya.(hue)

Berita Lainnya

Batal Datangkan UAS

MUKOMUKO –Dipastikan Pemkab Mukomuko batal datangkan Ustadz Abdul Somad, Lc, MA (UAS) untuk mengisi Tabligh ...

error: Content is protected !!