Selasa , 19 November 2019
Home / Metropolis / 21 Siswa SMP Dipastikan Gagal Unas

21 Siswa SMP Dipastikan Gagal Unas

Kehadiran Siswa Unas SMP Kota Bengkulu. (yudi/rb)

BENGKULU – Ujian Nasional (Unas) SMP/MTs di Kota Bengkulu mulai berlangsung sejak Senin (22/4) pagi. Unas tersebut dilaksanakan dalam 2 bentuk yang terdiri dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Sebanyak 21 siswa SMP dipastikan gagal dalam Unas kali ini.

Pasalnya dari 2.875 siswa peserta Unas, hanya diikuti 2.851 siswa pada hari pertama, Senin (22/4). Dua siswa tidak hadir dengan alasan sakit, 1 siswa dengan alasan izin. Sementara 21 siswa sudah Drop Out (DO). Unas masih akan berlangsung hingga Kamis (25/4) mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Dra. Rosmayetti, MM menjelaskan, pelajaran yang diujikan dalam Unas masih sama yakni ada empat mata pelajaran. “Mata pelajaran tersebut adalah bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” ujarnya.

Mata pelajaran pertama yang diujikan pada Senin (22/4) adalah bahasa Indonesia, kemudian berturut-turut hingga Kamis (25/4) adalah matematika, bahasa Inggris, dan IPA. Untuk SMP yang sudah melaksanakan UNBK sebanyak 33 sekolah dan yang masih melaksanakan UNKP sebanyak 20 sekolah.

“Jumlah siswa yang harusnya mengikuti Unas SMP di kota adalah 2.875 siswa, tetapi pada hari pertama yang mengikuti Unas sebanyak 2.851 dengan catatan 2 sakit, 1 izin dan 21 orang sisanya DO,” jelasnya.

Ia mengharapkan para siswa yang mengikuti Unas tersebut dapat lulus semuanya sesuai dengan target kelulusan 100 persen. Bagi siswa yang tidak mengikuti pelaksaan Unas dengan berbagai alasan seperti sakit atau izin maka akan mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan pada Senin (29/4) nanti.

“Bagi yang sakit atau izin akan ikut ujian susulan. Kita menargetkan dan berharap semuanya dapat lulus dengan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu, Idiarman, M.Pd juga mengutarakan hal yang sama. Ia menjelaskan bahwa para siswanya sudah melakukan persiapan dengan baik untuk melaksanakan Unas tersebut. Ia mengharapkan pada tahun ini SMPN 1 Kota Bengkulu dapat mencetak lulusan terbaik kembali seperti tahun-tahun sebelumnya. “Lulus 100 persen dan masih menjadi yang terbaik di Kota Bengkulu karena selama ini kita menjadi lulusan terbaik,” tutupnya. (cw1)

Berita Lainnya

IAIN Bengkulu Terpilih Menjadi Perguruan Tinggi Inovatif se-Indonesia

BENGKULU–  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu sukses meraih kategori Perguruan Tinggi Terinovatif se-Indonesia dalam ...

error: Content is protected !!