Minggu , 20 Oktober 2019
Home / Berita utama / Golkar Diprediksi Rebut Kursi Ketua DPRD Provinsi

Golkar Diprediksi Rebut Kursi Ketua DPRD Provinsi

BENGKULU – Partai Golkar berpeluang mendapatkan kursi ketua DPRD Provinsi Bengkulu pada Pemilu 2019 ini. Mengulang kemenangan seperti Pemilu 2009 lalu. Setelah berhasil mendapatkan kursi dewan Dapil Kota Bengkulu, Kaur-Bengkulu Selatan, dan Seluma. Data terbaru berdasarkan real count sementara RB, partai berlambang pohon beringin tersebut juga berhasil mendapat kursi di dapil lainnya. Seperti Rejang Lebong-Lebong, Mukomuko, Kepahiang, dan Bengkulu Utara-Bengkulu Tengah.

Saat ini Golkar hampir dipastikan mendapat tujuh kursi di DPRD Provinsi Bengkulu dari tujuh dapil yang ada. Di dapil Rejang Lebong-Lebong partai yang tingkat provinsi diketuai Gubernur Dr. Rohidin Mersyah itu berhasil memperoleh suara terbesar, mencapai 27.355. Termasuk juga Dapil Mukomuko 12.006. (Lengkapnya lihat grafis).

Selanjutnya partai yang diprediksi berada diposisi kedua, dan mendapatkan kursi Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu yakni Partai Gerindra. Partai ini juga berpeluang mendapat tujuh kursi dari tujuh dapil. Meskipun nantinya sama tujuh kursi di DPRD Provinsi dengan Golkar, namun Gerindra kalah suara yang diperoleh.

Partai yang berpeluang menduduki kursi Wakil Ketua II DPRD Provinsi yakni PDI Perjuangan. Meski partai ini diprediksi tidak mendapat kursi di dapil Kota Bengkulu dan Mukomuko. Namun partai berlambang banteng moncong putih ini diprediksi mendapat dua kursi di dapil Bengkulu Utara-Bengkulu Tengah. Selain itu, PDIP juga mendapat kursi dari dapil Kaur-BS, Seluma, Kepahiang, dan Rejang Lebong-Lebong.

Sedangkan kursi Wakil Ketua III DPRD Provinsi diprediksi direbut Partai Demokrat. Partai ini berhasil memperoleh lima kursi. Masing-masing dapil Mukomuko, Rejang Lebong-Lebong, Seluma, Kota Bengkulu, dan Kaur-Bengkulu Selatan.

PAN Pimpin DPRD Lebong

Posisi Nasdem yang sebelumnya tertinggi untuk perolehan suara DPRD Kabupaten Lebong, berhasil disalip PAN. Sesuai input data dari pemindaian C1 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong untuk 363 Tempat Pemungutan Suara (TPS), PAN unggul dengan perolehan 8.663 suara. Dipastikan PAN mendapat 4 kursi.

Dua kursi untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1, dan masing-masing 1 kursi untuk Dapil 2 dan Dapil 3. Jika tidak terjadi perubahan dalam rekapitulasi suara melalui pleno KPU, artinya akan terjadi perubahan besar dalam peta kepemimpinan di DPRD Kabupaten Lebong. PAN yang dalam Pemilu 2014 tidak mendapatkan kursi, dalam Pemilu kali ini berhak mendapatkan kursi Ketua DPRD Kabupaten Lebong.

Sedangkan kursi Wakil Ketua I akan ditempati Nasdem yang berhasil meraup 8.558 suara dengan komposisi 4 kursi. Dua kursi di Dapil 1 dan masing-masing 1 kursi untuk Dapil 2 dan Dapil 3. Sedangkan kursi Wakil Ketua II akan ditempati PKB dengan perolehan 6.993 suara. Atas perolehan itu, PKB mendapatkan 3 kursi, masing-masing 1 kursi di Dapil 1, Dapil 2 dan Dapil 3.

Sementara dari 25 kursi DPRD Kabupaten Lebong, 11 diantaranya akan diduduki incumbent. Mereka adalah Teguh Raharjo Eko Purwoto dari Nasdem, Azman Maidolan dari Demokrat, Anita Andriani dari PDIP, Popiansyah dari PKB dan Gunadi Mursalin dari PBB. Termasuk Ahmad Lutfi dari Golkar serta Muslim, M.Pd dari Hanura yang meraih suara terbanyak di Dapil 1 meliputi Kecamatan Amen, Uram Jaya, Lebong Utara, Pinang Belapis, Lebong Atas dan Kecamatan Plabai.

Sedangkan suara terbanyak di Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Lebong Tengah, Lebong Sakti dan Kecamatan Bingin Kuning ditempati Ferdinand Markos dari Nasdem serta Mahdi dari Golkar. Selanjutnya Azwar dari Demokrat dan Rohiyana dari PKB peraih suara terbanyak di Dapil 3 meliputi Kecamatan Rimbo Pengadang, Topos serta Kecamatan Lebong Selatan.

Sementara 14 kursi akan diisi wajah baru. Antara lain Sriwijaya dari Gerindra, Dedi Haryanto dari Nasdem, Pipit Irianto dari Perindo, Carles Ronsen dan Desi Fitriawanti dari PAN yang maju dari Dapil I. Kemudian Ronal Regen dari PKB, Rama Chandra dari Gerindra, Rodi Hartono dari Perindo, Pip Haryono dari PAN dan Rinto Putro Cahyo dari Demokrat yang maju di Dapil 2. Selebihnya, Piter Saputra dan Alpi Haryono dari Partai Nasdem, Wilyan Bachtiar dari Perindo serta Ansyori dari PAN juga akan menempati kursi DPRD Kabupaten Lebong dari Dapil 3.

Sandi Dorong KPU Kedepankan Keterbukaan

Cawapres Sandiaga Uno akhirnya muncul di hadapan publik setelah beberapa hari dikabarkan sakit. Kemarin dia berada di media center Prabowo-Sandi untuk menyatakan sikap atas penyelenggaraan Pemilu 2019. Cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto itu meminta seluruh pendukung dan relawan mengawal proses rekapitulasi suara.

”Alhamdulillah, saya sudah pulih,” kata Sandi mengawali pembicaraan kepada para wartawan di media center Prabowo-Sandi, Jakarta, kemarin. Dia juga menyampaikan terima kasih lantaran selama sakit banyak menerima ucapan doa dari berbagai kalangan pendukung dan relawan.

Menurut Sandi, pascapemilu, proses rekapitulasi suara terus berlangsung hingga 22 Mei. Dia mengajak semua elemen relawan dan pendukung untuk mengawal bersama-sama proses rekapitulasi di KPU. ”Kami meminta proses rekapitulasi dilakukan dengan prinsip keterbukaan, integritas, dan kejujuran. Kami percaya KPU dan Bawaslu bisa mengedepankan prinsip-prinsip itu,” ujarnya.

Mantan Wagub DKI Jakarta itu mengatakan, Badan Pemenangan Nasional (BPN) terus melakukan penghitungan suara hasil pemilu berdasar formulir C1. Pada saat yang sama, dia  meminta KPU bisa memastikan bahwa perolehan suara dari tingkat TPS ke pusat tidak mengalami perubahan. ”Mari kita jaga kepercayaan dan kedaulatan rakyat selama proses ini. Masyarakat berhak menerima hasil pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas,” katanya.

Sandi menegaskan, perjuangan yang dilakukannya bersama Prabowo bukan hanya urusan berhasil atau tidak, bukan perjuangan menang atau kalah. Melainkan, perjuangan untuk menghadirkan Indonesia adil makmur. Prabowo-Sandi juga berjuang untuk perubahan agar demokrasi berkualitas dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Demokrasi yang mengedepankan semangat saling menghormati, nonintervensi, jujur, adil, dan bebas dari kecurangan.

”Suara C1 yang dimiliki BPN menunjukkan kekuatan dan hasil yang baik buat Prabowo-Sandi. Oleh karena itu, perjuangan belum selesai, kerja belum tuntas. Mari kita kawal terus proses ini hingga tuntas,” tandasnya.

Ajak Masyarakat Bersatu Pascapilpres

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) menggelar tasyakuran atas kelancaran jalannya pemilu kemarin (22/4). Ormas Islam terbesar di Indonesia itu juga menyerahkan amanat keagamaan dan kebangsaan kepada calon wakil presiden Ma’ruf Amin yang hadir dalam acara tersebut.

Ketua Umum PB NU Said Aqil Siroj mengatakan, pihaknya bersyukur karena bangsa Indonesia sukses menggelar gawe besar, yaitu pileg dan pilpres. ’’Pilpres yang aman dan damai,’’ terang dia saat menyampaikan sambutan pada acara tasyakuran di Kantor PB NU, Jalan Kramat Raya, kemarin.

Jika di negara lain pemilu sampai memakan korban, kata dia, di Indonesia pesta demokrasi berjalan dengan aman. Jadi, Indonesia lebih unggul dalam berbangsa dan bernegara. Dalam berbangsa, Indonesia punya karakter, lebih matang, dan lebih dewasa.

Menurut Said, Indonesia akan menjadi contoh di dunia internasional. Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini berhasil berdemokrasi dengan baik. Dia menegaskan bahwa demokrasi tidak bertentangan dengan Islam. ’’Islam memberikan roh dalam demokrasi,’’ papar dia.

Salah besar jika Islam dianggap tidak mengenal demokrasi. Sejak zaman Nabi Muhammad, praktik demokrasi sudah dikenal. Hanya formulanya yang berbeda, tapi esensinya sama. Jadi, demokrasi adalah pilihan terbaik dalam berbangsa dan bernegara.

Said mengajak semua elemen masyarakat bersatu setelah selesainya pilpres. Merajut persaudaraan dan persatuan. Sekarang tinggal ditunggu pengumuman KPU siapa yang ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden.

Di tempat yang sama, Ma’ruf juga bersyukur atas pemilu yang berlangsung aman dan tidak ada kejadian apa pun. Apalagi, hasil hitung cepat (quick count) memenangkan pasangan calon Jokowi-Ma’ruf. ’’Tapi, itu menang versi quick count, belum resmi ditetapkan KPU,’’ ucapnya. Dia berharap paslon 01 juga menang versi real count.

Selama menunggu pengumuman resmi KPU, semua pihak harus menahan diri dan tetap menjaga persaudaraan. Apa pun keputusan KPU harus dihormati dan diikuti. Sebab, KPU merupakan satu-satunya lembaga yang diberi kewenangan dalam menggelar pesta demokrasi.

Ma’ruf mengaku belum bisa berbicara banyak karena belum resmi menjadi wakil presiden. ’’Jangan dipanggil wakil presiden dulu,’’ tutur mantan rais am PB NU itu.

Dalam kesempatan tersebut, PB NU juga menyerahkan amanat keagamaan dan kebangsaan yang berisi lima butir. Amanat itu dibacakan Ketum PB NU Said Aqil Siroj.

Pertama, dalam bidang pendidikan, PB NU mengusulkan agar mengutamakan pembangunan manusia yang menitikberatkan pada pendidikan karakter. Salah satunya memberikan perhatian lebih kepada pendidikan pesantren. ’’Dengan jumlah yang mencapai puluhan ribu, pesantren hanya diurus oleh salah satu direktorat di bawah Kementerian Agama,’’ ujarnya.

Ke depan, kata dia, harus ada upaya dan langkah lebih serius serta strategis untuk memperhatikan pesantren. Salah satu usulan hasil munas NU di Lombok pada 2017 adalah diangkatnya menteri urusan pesantren.

Kedua, pembangunan manusia berbasis nilai-nilai moderatisme. Langkah itu bisa ditempuh dengan jalan melihat kembali postur kurikulum dalam pendidikan, terutama pendidikan keagamaan, secara saksama dan cermat dengan menekankan peningkatan akhlakul karimah.

Ketiga, membangun perekonomian yang tidak hanya menekankan pertumbuhan. Lebih dari itu, berbasis pemerataan. Keempat, PB NU mendorong percepatan implemetasi gagasan ekonomi keumatan dan ekonomi Islam. Terakhir, mewujudkan iklim berbangsa dan bernegara serta kehidupan politik yang lebih sejuk berasas nilai-nilai moderatisme. ’’Segala bentuk pengingkaran terhadap dasar-dasar negara harus ditindak tegas,’’ kata Said. (del/sca)

Berita Lainnya

Happy Kiddy Hadir di Bencoolen Mall

BENGKULU– Indoor playground pertama di Indonesia, yang bertemakan Adventure land hadir di Bencoolen Mall. Pemotongan ...

error: Content is protected !!