Jumat , 6 Desember 2019
Home / Metropolis / Penetapan 1 Ramadan, Kemenag Tunggu Rukyatul Hilal

Penetapan 1 Ramadan, Kemenag Tunggu Rukyatul Hilal

BENGKULU– Muhamadiyah sudah menetapkan jika 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan 6 Mei 2019. Namun untuk Kementerian Agama (Kemenag)  masih akan menunggu hasil rukyatul hilal pada 5 Mei 2019 mendatang.  Kepala Kantor Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar. MS, M.Pd mengatakan penetapan 1 Ramadan resminya akan diumumkan serentak seluruh Indonesia oleh Menteri Agama.

“Kita laksanakan rukyatul hilal yang insya allah akan dilaksanakan di Mess Pemda, nanti hasil keputusan menteri agama itulah nanti tepat 1 Ramadannya Kementerian Agama provinsi belum bisa melakukan itu karena harus melakukan se Indonesia,” jelas Bustasar.

Saat ditanyakan apakah ada kemungkinan berbarengan nantinya, Bustasar juga belum bisa memastikan hal tersebut. Namun dia berharap agar nantinya dapat sama atau berbarengan. “Kita berharap serentak, karena sesama muslim kok, memang muhamadiyah sudah menyampaikan, Kemenag mewakili pemerintah akan diumumkan setelah rukyatul hilal,” terangnya.

Disisi lainnya, berkenaan dengan sekolah-sekolah madrasah akan diliburkan atau tidak saat Ramadan nanti, Bustasar mengaku saat ini masih dikaji, apakah lebih nanti tetap sekolah atau diliburkan agar ibadah puasa lebih aman dan nyaman. “Masih dikaji apakah tetap sekolah atau memang diliburkan agar ibadah puasanya lebih aman, nyaman tetapi akan dilihat asas manfaatnya. Yang jelas, kementerian agama sudah terbiasa di madrasah, anak-anak itu adanya pesantren kilat, pendalaman ilmu agama, baik tahfiz, ayat-ayat pendek, itu dikembangkan dibulan Ramadhan, jadi tidak adayang sia-sia,” demikian Bustasar. (zie)

Berita Lainnya

Disperindag Bakal Cabut Izin Pangkalan Gas Tak Sesuai Kontrak

BENGKULU–  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan  (Disperindag) Kota Bengkulu, Dewi Dharma akan menindak tegas pangkalan ...