Kamis , 23 Mei 2019
Home / Daerah / Seluma / Perda Mandul, Hewan Ternak Berkeliaran

Perda Mandul, Hewan Ternak Berkeliaran

BERKELIARAN: Ternak terlihat berkeliaran di kebun milik warga Kelurahan Sembayat, Senin (22/4). (foto : yayan/rb)

SELUMA – Tidak dianggarkannya operasional penertiban hewan ternak dalam APBD 2019, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Seluma tidak bisa berbuat banyak dalam menanggapi keluhan masyarakat terkait ternak bebas berkeliaran. Kakan Satpol PP Seluma, Hadi Sanjaya, SH mengatakan awalnya pihaknya telah mengajukan dalam APBD 2019 sebesar Rp 90 juta. Namun saat pembahasan di Banggar DPRD Seluma, anggaran tersebut dicoret.

‘’Cukup disayangkan, tapi mau apalagi. Kita akan ajukan kembali dalam APBD Perubahan mendatang, semoga diakomodir sehingga penertiban ternak dapat kita lakukan,’’ sampai Hadi.

Dijelaskannya anggaran Rp 90 juta yang diajukan dalam APBD 2019 rencanannya akan digunakan untuk pembuatan kandang dan operasional penertiban. Dalam pembahasan APBDP kembali diajukan dengan nominal yang sama. ‘’Kegunaannya juga tidak berubah, untuk operasional dan pembuatan kandang untuk ternak yang berhasil kita tangkap,’’ jelas Hadi.

Diakui Hadi, pihaknya telah banyak menerima laporan masyarakat yang mengeluhkan hewan ternak yang masih dibebasliarkan oleh pemilik. Namun karena belum adanya anggaran untuk melakukan pnertiban, maka tindakan yang dilakukan masih sebatas sosialisasi dan teguran kepada pemilik ternak. ‘’Untuk sementara kita sosialisasiakan dulu perda ini. Nanti jika anggaran sudah tersedia, baru kita akan lalukan penertiban,’’ pungkasnya.(aba)

 

Berita Lainnya

Lepas Liar Satwa Langka di SBK

SELUMA – Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Dunia setiap 22 Mei, Balai Konservasi Sumber Daya Alam ...

error: Content is protected !!