Jumat , 22 November 2019
Home / Metropolis / Prioritaskan Sektor Pariwisata

Prioritaskan Sektor Pariwisata

Suimi Fales

BENGKULU – DPRD Kota Bengkulu meminta Pemerintah Kota serius dalam membenahi sektor pariwisata di Kota Bengkulu. Terutama terkait rencana ke depan konsep pariwisata Kota Bengkulu diproyeksikan menjadi “tambang” untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sejumlah destinasi wisata segera akan direvitalisasi.

“Potensi wisata pantai di Kota Bengkulu harus betul-betul dimanfaatkan pemerintah untuk dikembangkan lebih baik lagi. Intinya ke depan pemerintah harus memprioritaskan pariwisata jadi tambang penghasilan PAD,” kata Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Bengkulu, Suimi Fales, SH, MH, Senin (22/4).

Dikatakan Suimi, selama ini sektor pariwisata kota itu belum memberikan kontribusi maksimal terhadap keuangan daerah, seharusnya pendapatan dari wisata jauh lebih besar dari yang dihasilkan saat ini. “Ya coba kita lihat kita memiliki potensi wisata pantai yang cukup bagus dibandingkan daerah lain. Bahkan tidak kalah saing dengan Bali. Namun sekarang persoalannya yang harus dibenahi adalah sarana prasananya yang belum memadai,” jelasnya.

Ke depan sambung Suimi, Pemkot harus mengutamakan pembangunan sarana prasana yang memadai di kawasan wisata Kota Bengkulu tersebut. Terutama berkaitan fasilitas agar menjadi daya tarik wisatawan “Sebab untuk mengembangkan wisata itu dalam arti harus ada timbal baliknya. Setidaknya pengunjung yang datang bisa memanfaatkan sarana fasilitas yang ada ketika berlibur di pantai atau tempat wisata lainnya,” bebernya.

Dengan mengembangkan pariwisata, lanjut Suimi, jumlah kunjungan ke Bengkulu akan meningkat, berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dari sisi transportasi, penjualan tiket pesawat akan terdongkrak naik. “Bahwa Kota ini pariwisatanya akan menjadi tambang berharga. Karena dengan banyaknya turis dan pengunjung, perputaran uang di Bengkulu juga besar, hunian hotel meningkat, kuliner juga menjadi hidup, usaha kecil dan menengah juga akan ambil bagian dari sana,” pungkasnya.

Senada disampaikan Anggota DPRD Kota, Rena Anggraini. Ia mengatakan, potensi wisata di Bengkulu memang harus menjadi skala prioritas Pemerintah Daerah (Pemda). Ia mengatakan, lokasi Kota Bengkulu yang strategis dan memiliki aset wisata yang baik harus dikembangkan lebih maju lagi.

“Sudah seharusnya Kota Bengkulu ini maju dalam pengembangan pariwisatanya. Sebab Kota Bengkulu memiliki banyak aset wisata yang bagus seperti Pantai Panjang, Pantai Jakat dan lainnya yang mempunyai potensi PAD yang maksimal bila dikembangkan lebih maju lagi,” tuturnya. (new)

Berita Lainnya

Pembangunan Los Capai 70 Persen

BENGKULU – Pembangunan los Pasar Panorama Kota Bengkulu sudah mencapai 70 persen. Pembangunan yang menelan ...