Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 1 Unit Bus Sekolah Siap Dioperasikan

1 Unit Bus Sekolah Siap Dioperasikan

OPERASIONAL: Dinas Perhubungan segera mengoperasikan bus sekolah. (foto : rio/rb)

KOTA MANNA – Tahun 2019 ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), segera mengoperasikan satu unit bus sekolah untuk para pelajar di Bengkulu Selatan.  Sekretaris Dishub Bengkulu Selatan, Drs. Nata Kesumajaya, didampingi Kasi Sapras, Muklis SH mengatakan kini pihaknya sedang berupaya mengoperasikan bus sekolah yang akan antarkan anak-anak ke sekolah secara gratis. ‘’Kami akan segera mengoperasikan bus tesebut,” katanya,

Ditegaskan Nata pihaknya sudah siap mengoperasionalkan bus sekolah sebanyak empat armada. ‘’Dua armada masih dalam proses serah terima dari Pemkab ke Dishub. Akan secepatnya dioperasionalkan. Sementara dua lagi sedang proses perbaikan karena rusak,” paparnya.

Nata mengatakanku pihaknya menganggarkan sebesar Rp 96 juta untuk perbaikan dua armada bus sekolah yang rusak berat itu. Sementara untuk perawatan dan pengoperasian bus tersebut sudah ada dana yang dianggarkan.

Rinciannya biaya untuk suku cadang sebesar Rp 60 juta. Penggantian oli bus selama 1 tahun Rp 8 juta dan biaya operasional bus seperti bahan bakar minyak (BBM) untuk 1 tahun Rp 40 juta.

Ditambahkan Kasi Sapras, Mucklis, SH untuk operasional pihaknya akan melakukan MoU dengan pihak sekolah, agar siswa diarahkan naik bus sekolah saat pergi dan pulang sekolah. Kemudian bus sekolah tersebut akan mengangkut masyarakat umum.

‘’Kalau rute, sementara ini dioptimalkan yang di dalam kota. Kedepannya juga akan memasuki sekolah di wilayah pedesaan. Tempat penjemputannya menyesuaikan halte bus yang ada,” jelasnya.

Dikatakan untuk kondisi kini satu bus sekolah tersebut masih kurang. Karena itu, pihaknya mengusulkan kembali untuk penambahan pada Kemenhub RI. “Kita memang sangat memerlukan angkutan umum, mengingat transportasi umum di Bengkulu Selatan sangat minim,” katanya.

Ditegaskan Mucklis, bus sekolah ini gratis khusus para pelajar. Terutama diperuntukan pada pelajar yang jarak rumahnya jauh dengan sekolah. Ia berharap para pelajar memanfaatkan fasilitas yang suah ada sehingga keamanan dalam berangkat sekolah terjaga daripada membawa motor sendiri.

‘’Tentunya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh pelajar. Diketahui anak usia sekolah dilarang berkendara sendiri,” pungkas Mucklis.(tek)

Berita Lainnya

Proyek Taman Bunga Putus Kontrak

KOTA MANNA – Pekerjaan proyek Taman Bunga Matahari dalam halaman Sekretariat Pemkab  Bengkulu Selatan (BS), ...

error: Content is protected !!